• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Penerapan Media Power Point Terhadap Pembelajaran Sejarah Warga Belajar Kelas XI Paket C Di SKB Bondowoso Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013

    Thumbnail
    View/Open
    Desti Alifia.pdf (253.8Kb)
    Date
    2013
    Author
    Fandana, Desti Alifia
    Khutobah
    Indrianti, Deditiani Tri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan kesetaraan adalah program PLS yang diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan adanya pendidikan yang setara dengan pendidikan formal. Pada proses pembelajaran paket C dibutuhkan adanya sarana prasana dan media pembelajaran untuk melengkapi dan mendukung kegiatan pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, dalam kegiatan pembelajaran berlangsung dibutuhkan media pembelajaran yang tepat agar warga belajar mampu menerima materi yang diberikan oleh guru atau tutor dan memiliki hasil belajar yang baik. [1]Media berfungsi untuk tujuan intruksi dimana informasi yang terdapat dalam media itu harus melibatkan siswa baik dalam benak atau mental maupun dalam bentuk aktivitas yang nyata sehingga pembelajaran dapat terjadi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Efektivitas penerapan media power point terhadap hasil pembelajaran sejarah warga belajar kelas XI paket C Di SKB Bondowoso Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang didukung dengan penelitian kualitatif, dan menggunakan data primer yaitu hasil tes Warga belajar kelas XI Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso dan Observasi pada saat pembelajaran berlangsung, sedangkan untuk data sekunder berupa dokumentasi foto kegiatan pada saat pembelajaran dan dokumentasi media pembelajaran power point. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan bantuan perhitungan komputer dengan software SPSS (Statistical Program for Social Science) v.15 for windows dan analisis T-tes sample paired untuk menguji Hipotesis sedangankan data kualitatif hasil observasi dilakukan dengan triangulasi yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media power point efektif terhadap hasil pembelajaran sejarah warga belajar kelas XI paket C Di SKB Bondowoso Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013. Selain itu media power point mampu menarik minat belajar, motivasi belajar dan penggunaan waktu yang efektif dan efisian, hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran yang dilakukan dengan adanya tes pemberian soal. Media power point dapat digunakan dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61737
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository