Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi di SDNU Bagorejo 01 Jember
Abstract
Pembelajaran IPS di sekolah dasar hendaknya dapat merangsang peran aktif siswa dan memberikan pengetahuan yang kompleks kepada siswa melalui fakta, peristiwa, interaksi, dan isu-isu sosial yang terjadi di dalam masyarakat. Adanya peran serta siswa sangat diperlukan dalam hal tersebut. Namun kenyataannya dalam pembelajaran yang berlangsung, siswa masih terlihat pasif. Hal ini dikarenakan kurang adanya variasi penggunaan model atau metode dalam pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas IV sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam pelajaran IPS pokok bahasan sumber daya alam dan kegiatan ekonomi kelas IV SDNU Bagorejo 01 Jember semester gasal Tahun Pelajaran 2015/2016. Pada siklus I, persentase rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 78,9% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,39 dan masuk kriteria sangat aktif. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 67,17 dan pada siklus II meningkat menjadi 71,91 dengan kriteria baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pelajaran IPS pokok bahasan sumber daya alam dan kegiatan ekonomi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDNU Bagorejo 01 Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]