Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III B SDN Patrang 02 Jember pada Pokok Bahasan Uang Tahun Ajaran 2012/2013
View/ Open
Date
2013Author
Wahyu Agustina, Ika
Sugiarti, Titik
Khutobah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) untuk Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III B SDN Patrang 02 Jember pada Pokok Bahasan Uang Tahun Ajaran 2012/2013.
Secara umum masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran matematika di SDN Patrang 02 Jember yaitu guru
kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembalajaran. Selain itu, sebagian besar siswa
menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan siswa juga kurang percaya diri dalam mengikuti
pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya aktifitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data nilai siswa pada
pra siklus hanya terdapat 36,66% siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM. Persentase keaktifan siswa juga relatif rendah,
yaitu hanya 30%. Setelah kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran ARIAS, jumlah siswa yang
mengalami ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 21 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 70%. Pada siklus II,
jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 28 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 93,33%.
Collections
- SRA-Education [1352]