• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Komik pada Mata Pelajaran IPS Sub Pokok Bahasan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia untuk Kelas V SD

    Thumbnail
    View/Open
    NOVITA ALFIYANI.pdf (296.4Kb)
    Date
    2015
    Author
    Novita Alfiyani
    Yayuk Mardiati
    Khutobah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Media pembelajaran merupakan sarana penyampaian materi yang bersifat abstrak agar menjadi lebih konkret dan mudah dipelajari siswa, seperti materi detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang tidak dapat dipelajari siswa secara langsung. Media komik menyajikan materi secara lebih nyata dan menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media komik pada mata pelajaran IPS sub pokok bahasan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia untuk kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model R&D dari Borg and Gall (2003) yang terdiri dari 7 tahap. Aspek kualitas media yang diteliti adalah kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Subjek uji coba penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SDN Patrang 1 Jember yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan validasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa media dinyatakan valid dengan presentase validasi dari masing-masing validator yaitu 81,25%, 85%, dan 70%. Media juga dinyatakan praktis berdasarkan hasil analisis data angket yang menunjukkan tingkat respon siswa sebesar 97,05%. Keefektifan media diketahui dari tingkat aktivitas siswa yang mencapai 98,6% dan presentase hasil belajar siswa sebesar 82,35%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa media komik telah memenuhi ketiga aspek kualitas media dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63699
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository