Browsing SRA-Education by Author "Jekti Prihatin"
Now showing items 1-14 of 14
-
Efektivitas Active Knowledge Sharing (AKS) dengan Asesmen Portofolio Berbasis Learning Scaffolding terhadap Motivasi dan Capaian Hasil
Siti Nurlailatul Fitri; Wachju Subchan; Jekti Prihatin (UNEJ, 2015)Hasil observasi menunjukkan guru sering menggunakan metode pembelajaran diskusi dan presentasi yang belum mengacu pada strategi pembelajaran tertentu. Kurangnya dukungan dari lingkungan belajar, misalnya guru dan interaksi ... -
Inventarisasi Kompetensi Guru Biologi di MTs Swasta Se-Kecamatan
Nurul Hidayati; Jekti Prihatin; Pujiastuti (UNEJ, 2014)Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kompetensi guru biologi di MTs Swasta Se-Kecamatan Jenggawah dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa. Ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survai ... -
Penerapan Metode Mnemonik dengan Media Kartu Berpasangan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Jember
Reivani Ayuning Dewanti; Jekti Prihatin; Sulifah Aprilya H. (UNEJ, 2014)Penerapan sistem pembelajaran yang kurang tepat membuat materi sulit dipelajari dan tidak dapat diingat dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi sistem belajar terbaru untuk meningkatkan mutu ... -
Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Ketuntasan Hasil Belajar IPA (Siswa Kelas VII
Apriliana Saputri; Jekti Prihatin; Pujiastuti (UNEJ, 2015)Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE DALAM MENINGKATKAN
Fajar Rivi Jannati; Pujiastuti; Jekti Prihatin (UNEJ, 2015)Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Giuided Inquiry dengan metode Pictorial Riddle. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa (Pokok Bahasan Sistem Pernapasan pada Siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kalibaru Banyuwangi Tahun Ajaran 2015/2016)
Rizky Ari Ekawati; Jekti Prihatin; Kamalia Fikri (UNEJ, 2016)Penelitian ini dirancang sebagai sebuah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus pembelajaran yang dilaksanakan SMP Negeri 2 Kalibaru Banyuwangi dan bertujuan meningkatkan aktivitas siswa dan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. (Biologi Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 3 Balung Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015)
Sofi Mar'atus Sholiha; Suratno; Jekti Prihatin (UNEJ, 2016)Salah satu faktor keberhasilan yang menentukan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran yang dipakai oleh guru. Dalam proses pembelajaran biologi hendaknya guru melibatkan siswa untuk berparsipasi dalam proses ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MEDIA ANIMASI FLASH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI
Tias Yunita; Jekti Prihatin; Sulifah Aprilya (UNEJ, 2014)Aktivitas belajar siswa tidak selamanya berlangsung sesuai dengan apa yang diinginkan, terkadang cepat menangkap apa yang dipelajari dan terkadang sulit untuk memahami. Dalam hal motivasi pun terkadang tinggi dan terkadang ... -
Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e disertai Kartu Link and Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi (Pokok Bahasan Ekologi Siswa Kelas X3 SMAN Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2014/2015)
Ninik Hidayati; Suratno; Jekti Prihatin (UNEJ, 2015)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 5E disertai kartu link and match pada pelajaran biologi siswa kelas X3 SMAN Rambipuji ... -
Penerapan Model Pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) dengan Teknik Mind Mapping terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Pernapasan (Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pakusari Jember)
Nizia Utari Fihidayat; Jekti Prihatin; Kamalia Fikri (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) dengan teknik Mind Mapping. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA ... -
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TTW (Think Talk Write) dengan Permainan Monopoli dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi (Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pajarakan Probolinggo Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014)
Mia Aviatun Nikmah; Pujiastuti; Jekti Prihatin (UNEJ, 2014)Pembelajaran kooperatif model TTW (Think Talk Write) merupakan model pembelajaran yang memacu siswa untuk aktif berpartisipasi dan komunikasi. Kurikulum 2013 menuntut proses pembelajaran untuk lebih menyenangkan, maka ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Guide Note Taking(GNT)Disertai Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 10 Jember
Anugrah Aji Pariris; Jekti Prihatin; Kamalia Fikri (UNEJ, 2015)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Guide Note Taking (GNT) disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 10 Jember materi sistem ekskresi ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning
Riski Nur Sholeha; Jekti Prihatin; Pujiastuti (UNEJ, 2015)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) denganmind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA Biologi ... -
Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Tipe Analytic Team melalui Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Maya Umi Hajar, Jekti Prihatin, Mochammad Iqbal; Maya Umi Hajar; Jekti Prihatin; Mochammad Iqbal (UNEJ, 2016)Pembelajaran kolaboratif tipe analytic team merupakan pembelajaran kolaboratif dengan mengasumsikan tugas-tugas tertentu untuk dijalankan oleh masing-masing anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ...