• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Ketuntasan Hasil Belajar IPA (Siswa Kelas VII

    Thumbnail
    View/Open
    APRILIANA SAPUTRI.pdf (280.1Kb)
    Date
    2015
    Author
    Apriliana Saputri
    Jekti Prihatin
    Pujiastuti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa di kelas VII B SMP Negeri 4 Jember. Penelitian ini mengkolaborasikan model pembelajaran Numbered Head Together(NHT) dengan permainan ular tangga. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa, yaitu pada pra siklus memiliki rata-rata sebesar 51% (kriteria kurang aktif), pada siklus 1 memiliki rata-rata 66,74% (kriteria cukup aktif) dan pada siklus 2 memiliki rata-rata sebesar 72,53% (kriteria cukup aktif). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan terjadi pada ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif secara klasikal, yaitu pada pra siklus memiliki persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 25%, siklus 1 dengan persentase 38,88% dan siklus 2 memiliki persentase sebesar 83,33%. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 13,88% dan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 44.45% dan dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 58,33%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) dengan permainan ular tangga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63501
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository