• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Active Knowledge Sharing (AKS) dengan Asesmen Portofolio Berbasis Learning Scaffolding terhadap Motivasi dan Capaian Hasil

    Thumbnail
    View/Open
    SITI NURLAILATUL FITRI.pdf (314.5Kb)
    Date
    2015
    Author
    Siti Nurlailatul Fitri
    Wachju Subchan
    Jekti Prihatin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi menunjukkan guru sering menggunakan metode pembelajaran diskusi dan presentasi yang belum mengacu pada strategi pembelajaran tertentu. Kurangnya dukungan dari lingkungan belajar, misalnya guru dan interaksi siswa menjadikan siswa kurang termotivasi selama proses pembelajaran. Active Knowladge Sharing (AKS) merupakan strategi belajar yang memungkinkan siswa untuk lebih aktif dan memanfaatkan lingkungan belajar secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas strategi AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 10 Jember tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Proses pembelajaran di kelas kontrol menggunakan metode konvensional dan kelas eksperimen menggunakan strategi AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding. Analisis data motivasi dan hasil belajar kognitif menggunakan ANAKOVA, data hasil belajar afektif dan psikomotorik menggunakan uji Independent sample t test. Uji efektivitas strategi meggunakan Gain score. Hasil analisis menunjukkan penerapan strategi AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa baik ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik. Kelas eksperimen memiliki rerata motivasi dan hasil belajar yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Skor Gain kelas eksperimen sebesar 0,590 dan kelas kontrol sebesar 0,208. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding pada mata pelajaran Biologi pokok bahasan Ekosistem lebih efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa daripada metode konvensional.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64104
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository