Efektivitas Active Knowledge Sharing (AKS) dengan Asesmen Portofolio Berbasis Learning Scaffolding terhadap Motivasi dan Capaian Hasil
View/ Open
Date
2015Author
Siti Nurlailatul Fitri
Wachju Subchan
Jekti Prihatin
Metadata
Show full item recordAbstract
Hasil observasi menunjukkan guru sering menggunakan metode pembelajaran diskusi dan presentasi yang belum mengacu pada strategi pembelajaran tertentu. Kurangnya dukungan dari lingkungan belajar, misalnya guru dan interaksi siswa menjadikan siswa kurang termotivasi selama proses pembelajaran. Active Knowladge Sharing (AKS) merupakan strategi belajar yang memungkinkan siswa untuk lebih aktif dan memanfaatkan lingkungan belajar secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas strategi AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 10 Jember tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Proses pembelajaran di kelas kontrol menggunakan metode konvensional dan kelas eksperimen menggunakan strategi AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding. Analisis data motivasi dan hasil belajar kognitif menggunakan ANAKOVA, data hasil belajar afektif dan psikomotorik menggunakan uji Independent sample t test. Uji efektivitas strategi meggunakan Gain score. Hasil analisis menunjukkan penerapan strategi AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa baik ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik. Kelas eksperimen memiliki rerata motivasi dan hasil belajar yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Skor Gain kelas eksperimen sebesar 0,590 dan kelas kontrol sebesar 0,208. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi AKS dengan asesmen portofolio berbasis learning scaffolding pada mata pelajaran Biologi pokok bahasan Ekosistem lebih efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa daripada metode konvensional.
Collections
- SRA-Education [1352]