• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e disertai Kartu Link and Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi (Pokok Bahasan Ekologi Siswa Kelas X3 SMAN Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2014/2015)

    Thumbnail
    View/Open
    NINIK HIDAYATI.pdf (286.7Kb)
    Date
    2015
    Author
    Ninik Hidayati
    Suratno
    Jekti Prihatin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 5E disertai kartu link and match pada pelajaran biologi siswa kelas X3 SMAN Rambipuji Jember tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan sebanyak 3 JP dan dilanjutkan tes hasil belajar diakhir tiap siklus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Desain penelitian ini menggunakan model siklus Hopkins. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t erdapat peningkatan aktivitas belajar Biologi. Rata- rata aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 41,65 ± 11,73, siklus I sebesar 78,13 ± 14,59 dan siklus II sebesar 87,50 ± 11,94. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari prasiklus ke siklus I sebesar 62,50%, sedangkan peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 31,25%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Biologi siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif prasiklus sebesar 3,13%, meningkat menjadi 75% pada siklus I, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siklus II meningkat menjadi 81,25%. Rata-rata kelas hasil belajar afektif siklus I sebesar 78,65 ±15,87 meningkat menjadi 783,34 ±14,99 pada siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63686
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository