• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. (Biologi Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 3 Balung Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015)

    Thumbnail
    View/Open
    SOFI MARATUS SHOLIHA.odt (269.6Kb)
    Date
    2016
    Author
    Sofi Mar'atus Sholiha
    Suratno
    Jekti Prihatin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu faktor keberhasilan yang menentukan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran yang dipakai oleh guru. Dalam proses pembelajaran biologi hendaknya guru melibatkan siswa untuk berparsipasi dalam proses pembelajaran. Belajar dapat dikatakan baik jika siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pengajaran. Model TGT (Teams Games Tournament) adalah salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status. Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) dapat diterapkan dalam proses pembelajaran IPA Biologi pada materi rangka dan otot pada manusia untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Balung Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan peneliti sebagai guru pengajar. Hasil yang didapat dalam pembelajaran tersebut pada pra siklus aktivitas siswa mencapai 35,5%, setelah dilakukan siklus 1 ketuntasan klasikal sebesar 61,3%, karena hasil aktivitas siswa belum optimal maka dilakukan perbaikan pada siklus 2 yang menghasilkan aktivitas secara klasikal sebesar 80,6%. Jadi, peningkatan ketuntasan klasikal aktivitas siswa mulai dari pra siklus sampai dengan siklus 2 sebesar 45,1%. Aktivitas belajar yang meningkat diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa yang awalnya ketuntasan belajar klasikal hanya 38,70%, setelah dilakukan siklus 1 ketuntasan klasikal sebesar 77,4%, karena hasil belajar siswa belum optimal maka dilakukan perbaikan pada siklus 2 yang menghasilkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 87,1%. Jadi, peningkatan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mulai dari pra siklus sampai dengan siklus 2 sebesar 48,4%. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Balung Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76456
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository