Browsing UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana) by Title
Now showing items 52074-52093 of 67183
-
PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI COOPERATIVE LEARNING MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN SUMBEREJO I JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
(2013-09-23)Ketidakberanian siswa untuk bertanya kepada guru tentang materi yang kurang dipahami karena guru tidak memberi kesempatan untuk bertanya, siswa lebih senang bicara sendiri dengan teman sebangku dari pada mendengar ... -
PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI COOPERATIVE LEARNING MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN SUMBEREJO I JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
(2014-01-29)Ketidakberanian siswa untuk bertanya kepada guru tentang materi yang kurang dipahami karena guru tidak memberi kesempatan untuk bertanya, siswa lebih senang bicara sendiri dengan teman sebangku dari pada mendengar ceramah ... -
PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI COOPERATIVE LEARNING MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN SUMBEREJO I JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
(2013-12-20)Ketidakberanian siswa untuk bertanya kepada guru tentang materi yang kurang dipahami karena guru tidak memberi kesempatan untuk bertanya, siswa lebih senang bicara sendiri dengan teman sebangku dari pada mendengar ceramah ... -
PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 03 TAHUN PELAJARAN 2016/2017
(2017-08-24)Mata pelajaran Matematika di sekolah dasar mengutamakan agar siswa mengenal, memahami, serta mahir menggunakan bilangan dalam kaitannya dengan praktek dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ... -
PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TEMA SIKAP DEMOKRATIS MELALUI PENERAPAN METODE SIMULASI DENGAN MEDIA GAMBAR DI SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014
(2014-03-26)Subjek penelitian yang dipilih yaitu seluruh siswa siswa kelas IIA SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah 37 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). ... -
PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA BENDA ASLI (Sub Pokok Bahasan Batuan pada SDN Ajung 03 Kecamatan Kalisat Kabupate n Jember)
(2014-01-23)Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran sampai saat ini, guru terlalu mendominasi kelas, sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran kurang, hal ini sangat mengurangi tanggung jawab siswa atas ... -
PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAMELALUI PENERAPANMETODE DISKUSI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA BENDA ASLI (Sub Pokok Bahasan Batuan pada SDN Ajung 03 KecamatanKalisat Kabupaten Jember)
(2013-12-09)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ajung 03 kecamatan Kalisat kelas V yang terdiri dari 30 siswa, 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan ... -
PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE INKUIRI DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN AJUNG 02 KECAMATAN AJUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-09-17)Rendahnya nilai mata pelajaran IPA di sekolah dasar disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah metode pembelajaran yang digunakan guru di dalam kelas kurang bervariatif, sehingga ... -
PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE INKUIRI DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN AJUNG 02 KECAMATAN AJUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-19)Rendahnya nilai mata pelajaran IPA di sekolah dasar disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah metode pembelajaran yang digunakan guru di dalam kelas kurang bervariatif, sehingga pemahaman terhadap konsep-konsep ... -
PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE INKUIRI DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN AJUNG 02 KECAMATAN AJUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2014-01-20)Rendahnya nilai mata pelajaran IPA di sekolah dasar disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah metode pembelajaran yang digunakan guru di dalam kelas kurang bervariatif, sehingga pemahaman terhadap konsep-konsep ... -
PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SUSUNAN BUMI PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE RESITASI BAGI SISWA KELAS V SDN SUMBERSARI 1 KABUPATEN JEMBER
(2013-12-18)Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA, salah satunya adalah metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi di ... -
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SKALA SISWA KELAS VI SDN ROWOKANGKUNG 03 LUMAJANG DENGAN METODE DEMONSTRASI
(2014-01-23)Salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan, diperlukan berbagai terobosan, baik dalam pengembangan kurikulum, inovasi pembelajaran, serta pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan. Guru dituntut untuk merancang ... -
PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN STRATEGI MEMBACA TERBIMBING SISWA KELAS III SDN 1 PAKEL TRENGGALEK S IS WA K E L A S I II S D N E G E R I 1 P A K E L T R E N G G A L E K T A H U N P E L A JA R A N 2012/ 2013 TAHUN PELAJARAN 2012/2
(2014-01-20)R IN G K A S A N P e n i n gk at an K e m a m p u an M e m b ac a P e m a h am an d e n gan S t r at e gi M e m b ac a T e r b i m b i n g S i s w ... -
PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN STRATEGI MEMBACA TERBIMBING SISWA KELAS III SDN 1 PAKEL TRENGGALEK SISWA KELAS III SD NEGERI 1 PAKEL TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2012/2013
(2013-12-10)Membaca pemahaman merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa sekolah dasar. Pemahaman diperlukan siswa untuk mengambil makna dari setiap cerita atau bacaan yang dibacanya, ... -
PENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS X-3 SMAN YOSOWILANGUN LUMAJANG SEMESTER II TAHUN 2014/2015
(2016-08-09)Seiring dengan pengembangan filsafat konstruktivisme muncul pemikiran kritis dalam merenovasi pembelajaran yaitu Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) (Sumarno, 2011). Saat ini PAIKEM ... -
PENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI IPA (FISIKA) DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 7 JEMBER
(2014-11-03)Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan multirepresentasi IPA (fisika) dan hasil belajar IPA (fisika) siswa dengan model Quantum Learning disrtai Metode Eksperimen pada siswa kelas VIII-A SMP ... -
PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV MELALUI PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI SDN PADOMASAN 01 JEMBER SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2011/ 2012
(2013-09-11)Mata pelajaran IPS merupakan perpaduan konsep-konsep ilmu pengetahuan ini menyebabkan penyampaian dan penerimaan siswa dalam pembelajaran mengalami kendala-kendala, hal ini disebabkan karena sebagian ... -
PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV MELALUI PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI SDN PADOMASAN 01 JEMBER SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2011/ 2012
(2013-12-19)Mata pelajaran IPS merupakan perpaduan konsep-konsep ilmu pengetahuan ini menyebabkan penyampaian dan penerimaan siswa dalam pembelajaran mengalami kendala-kendala, hal ini disebabkan karena sebagian besar dari ... -
PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SEMBORO 01 JEMBER PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK
(2013-12-10)Kenyataan yang terjadi pada menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan model pembelajaran yang monoton sehingga siswa kurang termotivasi ... -
PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SEMBORO 01 JEMBER PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK
(2014-01-29)Kenyataan yang terjadi pada menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan model pembelajaran yang monoton sehingga siswa kurang termotivasi ...