• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI IPA (FISIKA) DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 7 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Ajeng Puspaningrum - 100210102025_1.pdf (164.3Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    AJENG PUSPANINGRUM
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan multirepresentasi IPA (fisika) dan hasil belajar IPA (fisika) siswa dengan model Quantum Learning disrtai Metode Eksperimen pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 7 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VIII-A SMP Negeri 7 Jember dengan jumlah siswa 42 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pra-siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data setelah penelitian dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan multirepresentasi IPA (fisika) dan hasil belajar dari kegiatan pra-siklus hingga kegiatan siklus 2. Peningkatan kemampuan multirepresentasi IPA (fisika) pada siklus 1 ditunjukkan dengan nilai N-gain rata-rata sebesar 0,345 yang merupakan kategori peningkatan sedang dan pada siklus 2 sebesar 0,450 yang merupakan kategori peningkatan sedang. Adapun peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,32 yang merupakan kategori peningkatan sedang dan pada siklus 2 sebesar 0,42 yang merupakan kategori peningkatan sedang. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan multirepresentasi IPA (fisika) dan hasil belajar IPA (fisika) siswa kelas VIII-A SMP Negeri 7 Jember menggunakan model Quantum Learning dengan Metode Eksperimen mengalami peningkatan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59892
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15444]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository