• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI COOPERATIVE LEARNING MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN SUMBEREJO I JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Siti Mariyatul Qibtiyah_001.pdf (122.6Kb)
    Date
    2013-09-23
    Author
    Siti Mariyatul Qibtiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ketidakberanian siswa untuk bertanya kepada guru tentang materi yang kurang dipahami karena guru tidak memberi kesempatan untuk bertanya, siswa lebih senang bicara sendiri dengan teman sebangku dari pada mendengar ceramah dari guru, siswa merasa merasa mengantuk saat pemberian materi berlangsung. Kondisi ini mengakibatkan aktivitas belajar siswa rendah. Jika diberi soal–soal latihan mereka tidak bisa menjawab, yamg bisa mereka jawab hanya soal–soal yang sama persis yang dicontohkan oleh guru. Guru dan peneliti menduga model pembelajaran yang digunakan selama ini belum efektif. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa khususnya kelas V pada pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dikemukakan (1) Bagaimanakah penerapan cooperative leraning model examples non examples dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia pada siswa kelas V SDN Sumberejo 01 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?, (2) Bagaimanakah penerapan cooperative learning model examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia pada siswa kelas V SDN Sumberejo 01 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012? Penerapan model examples non examples dengan media gambar diharapkan siswa lebih kritis dalam menganalisa gambar tentang keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia, siswa mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh gambar, dan siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia pada siswa kelas V SDN Sumberejo 01 melalui penerapan cooperative learning model examples non examples dengan media gambar. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia pada siswa kelas V SDN Sumberejo 01 melalui penerapan cooperative leraning model examples non examples dengan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan dikelas V SDN Sumberejo 01 Jember yang terdiri dari 35 siswa . siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitianya adalah tindakan penelitian kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan 15 September 2011 sampai 03 Desember 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Smberejo 01 Jember. Pada siklus I aktivitas siswa secara klasikal mencapai 46 % dan tes individu mencapai 51,43% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 67,64%. Pada siklus II, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 67,43%, tes individu mencapai 94,29% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 78,79% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Sumberejo 01 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 21,43% sedangkan hasil belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus II meningkat 42,86%. Saran dari penelitian ini adalah guru harus memahami kelemahan dan kelebihan dari model examples non examples agar dapat menjadi bahan masukan dalam alternatif pembelajaran yang akan diterapkan dalam proses belajar untuk meningkatkan keberhasilan dan kualitas pengajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1142
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository