PENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS X-3 SMAN YOSOWILANGUN LUMAJANG SEMESTER II TAHUN 2014/2015
Abstract
Seiring dengan pengembangan filsafat konstruktivisme muncul pemikiran
kritis dalam merenovasi pembelajaran yaitu Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif,
Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) (Sumarno, 2011). Saat ini PAIKEM banyak
diaplikasikan pada pembelajaran Sains di sekolah. Salah satu bagian dari Sains yang
memiliki dua dimensi yang bersifat mendasar yaitu dimensi proses dan produk ialah
Biologi. Dimensi proses sangat erat kaitannya dengan kemampuan metakognisi
siswa, sedangkan dimensi produk kaitannya dengan hasil belajar siswa. Hasil
observasi awal yang dilakukan di SMAN Yosowilangun dan wawancara dengan
responden guru Biologi kelas X IPA pembelajaran Biologi memiliki masalah utama,
yakni hasil belajar siswa rendah. Rendahnya hasil belajar siswa ini diduga karena
siswa tidak pernah diberdayakan kemampuan metakognisi