• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN STRATEGI MEMBACA TERBIMBING SISWA KELAS III SDN 1 PAKEL TRENGGALEK SISWA KELAS III SD NEGERI 1 PAKEL TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Nanang Apriska Bayuntara - 090210204115_1.pdf (105.0Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Nanang Apriska Bayuntara
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Membaca pemahaman merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa sekolah dasar. Pemahaman diperlukan siswa untuk mengambil makna dari setiap cerita atau bacaan yang dibacanya, sehingga siswa memperoleh pengetahuan baru. Kenyataannya, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 1 Pakel Trenggalek masih rendah, seperti nampak pada kurangnya keaktifan siswa selama pembelajaran dan hasil pembelajaran membaca pemahaman yang belum tuntas. Guna mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang mampu memicu keterlibatan siswa secara penuh dalam pembelajaran, yaitu dengan strategi membaca terbimbing.Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas di SDN 1 Pakel Trenggalek. Variabel dalam penelitian ini yaitu penerapan strategi membaca terbimbing pada keterampilan membaca pemahaman dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Data diperoleh dari siswa, guru, dokumen siswa, dan kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi membaca terbimbing dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas III SDN 1 Pakel berjalan dengan baik. Guru membimbing siswa dalam membaca pemahaman pada tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca. Hal tersebut terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, walaupun dalam siklus I masih banyak terjadi kendala antara lain siswa kesulitan dalam memprediksi isi cerita dan mengungkapkan temuan dari cerita. Kendala tersebut diatasi pada siklus II dengan pembelajaran kelompok kecil, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Pada tahap prasiklus, dari 31 siswa, hanya 14 siswa Saran untuk guru, hendaknya perhatian dan bimbingan dalam kegiatan membaca perlu ditingkatkan, agar siswa termotivasi untuk membaca dengan sungguh-sungguh. Strategi membaca terbimbing ini dapat dikembangkan dan diterapkan sebagai alternatif pembelajaran untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran membaca pemahaman. Saran bagi peneliti lain, diharapkan dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang berbeda, sehingga didapat berbagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7177
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository