Browsing by Author "Bachtiar, Rayendra Wahyu"
Now showing items 1-15 of 15
-
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS
Wardani, Debby Kusuma (2018-04-06)Pembelajaran fisika bertujuan membekali siswa berupa pengetahuan, pemahaman dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan erat dengan penilaian hasil belajar. Siswa yang mampu ... -
IMPLEMENTASI MODEL POE (PREDICT- OBSERVE- EXPLAIN) DISERTAI LKS BERBASIS METODE GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PUJER
Devi, Rezki Noviana (2018-04-05)Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji aktivitas belajar setelah menggunakan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis Metode GNT (Guided Note Taking) pada pembelajaran Fisika kelas XI di ... -
The Instructional-Based Andro-Web Comics on Work and Energy Topic for Senior High School Students
Lesmono, Albertus Djoko; Bachtiar, Rayendra Wahyu; Maryani, Maryani; A. Muzdalifah, A. Musdalifah (2018-08-06)This study aimed to determine the validation of Andro-web comics on Work and Energy topic. To achieve the objective, this study was designed referring to ADDIE model, i.e, Analysis, Design, Development or Production, ... -
Kajian Kemampuan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika UNEJ
Bachtiar, Rayendra Wahyu (2016-09-26)Penalaran ilmiah memiliki peranan penting dalam penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut harus dimiliki oleh calon pendidik khususnya pendidik di bidang fisika. Namun, alat ukur kemampuan penalaran ilmiah yang sudah ada ... -
MODEL EVALUASI COUNTENANCE STAKE MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS RASCH TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH KOLABORATIF
Bachtiar, Rayendra Wahyu (2016-09-26)Tujuan penelitian ini adalah mengkaji keterampilan mahasiswa secara kolaboratif menyelesaikan saat diberikan permasalahan pembelajaran dan disebut Collaborative Problem Solving (CPS). Metode yang digunakan untuk mengkaji ... -
MODEL PROBLEM SOLVING LEARNING DISERTAI METODE POLYA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Fahamsyah, Alif (2016-11-18)Fisika merupakan bidang keilmuan yang termasuk kedalam ilmu sains. Tujuan utama sains termasuk fisika umumnya dianggap merupakan usaha untuk mencari keteraturan dalam pengamatan manusia pada alam sekitarnya. Sutarto dan ... -
Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMAN Pakusari
Maulidiyah, Rizky (2017-07-19)Fisika merupakan cabang IPA yang mempelajari fenomena-fenomena tentang alam, hasil pemikiran dan eksperimen (Lestari, 2014: 60). Dalam proses pemahaman konsep IPA memiliki empat unsur utama yaitu sikap, proses, produk dan ... -
PENGEMBANGAN MIND MAP PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN
Juliana, Alifa (2017-10-19)Mind Map adalah teknik yang menawarkan hubungan antar konsep dengan kata kunci yang dapat memaksimalkan fungsi otak dan mengklasifikasikan pengetahuan (Weideman and Kritzinger 2003). Mind Map bisa digunakan untuk mengungkapkan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Problem Mapping Concept Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains
Bachtiar, Rayendra Wahyu (2016-09-26)Indikator pembelajaran bermakna adalah mahasiswa mampu memecahkan masalah dengan cara sendiri. Cara mahasiswa memecahkan masalah sangat dipengaruhi oleh keterampilan proses sains mahasiswa. Salah satu cara mengetahui ... -
PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE BERBASIS POTENSI TAMAN NASIONAL BALURAN PADA MATA KULIAH PENGAJARAN MIKRO UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY MAHASISWA
Oktavianingtyas, Ervin; Susanto, Susanto; Bachtiar, Rayendra Wahyu; Monalisa, Lioni Anka (2017-08-10)Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) adalah merupakan pengetahuan tentang integrasi teknologi ke dalam pembelajaran yang sesuai dengan konten materi ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan ... -
PENGEMBANGAN MODUL KOMIK FISIKA PADA POKOK BAHASAN HUKUM KEPLER DI SMA KELAS XI
Agustin, Hairlinda Arini (2018-03-20)Rendahnya hasil belajar fisika dipengaruhi oleh banyak hal. Beberapa diantaranya adalah materi pada buku pelajaran yang terlalu sulit untuk diikuti, media belajar yang kurang efektif, kurang tepatnya pengunaan ... -
PROFIL KEMAMPUAN BERNALAR SISWA SMA KELAS XI DI KABUPATEN JEMBER PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Yossyana, Valensa; Bachtiar, Rayendra Wahyu; Maryani, Maryani (2018-07-19)Kemampuan penalaran turut berkontribusi di dalam fisika misalnya dalam penggunaan konsep-konsep fisika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan bernalar siswa SMA kelas XI di Kabupaten Jember pada ... -
STRATEGI PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) DISERTAI AUTHENTIC ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Wulandari, Yuli (2018-04-04)Hakikat fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas dasar sikap ilmiah dan hasilnya terwujud sebagai produk ilmiah yang ... -
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS X IPA 4 DI MAN 2 JEMBER
Kharisma, Dea Ayu (2017-03-01)Pembelajaran fisika diartikan sebagai suatu proses belajar mengajar yang mempelajari gejala-gejala alam. Pada pembelajaran fisika disekolah masih banyak ditemui permasalahan. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan ... -
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS X IPA 4 DI MAN 2 JEMBER
Kharisma, Dea Ayu (2017-04-19)Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar kognitif fisika siswa dengan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas X IPA 4 MAN 2 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian ...