PENGEMBANGAN MODUL KOMIK FISIKA PADA POKOK BAHASAN HUKUM KEPLER DI SMA KELAS XI
Abstract
Rendahnya hasil belajar fisika dipengaruhi oleh banyak hal. Beberapa
diantaranya adalah materi pada buku pelajaran yang terlalu sulit untuk diikuti,
media belajar yang kurang efektif, kurang tepatnya pengunaan media
pembelajaran yang dipilih oleh guru, sifat konvensional dimana siswa tidak
banyak terlibat dalam proses pembelajaran dan keaktifan kelas sebagian besar
didominasi oleh guru (Supardi, 2011:2). Hal-hal tersebut kurang sesuai dengan
makna fisika itu sendiri. Gertshen (dalam Druxes, 1986:3) menyatakan bahwa
fisika merupakan suatu ilmu yang menerangkan tentang gejala-gajala alam dan
berusaha untuk menemukan hubungan antara kenyataan-kenyataan. Dalam hal ini,
seharusnya siswa yang dapat menerangkan tentang gejala-gejala alam serta
menemukan hubungan antara kenyataan-kenyataan yang ada.