MODEL EVALUASI COUNTENANCE STAKE MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS RASCH TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH KOLABORATIF
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji keterampilan mahasiswa secara kolaboratif
menyelesaikan saat diberikan permasalahan pembelajaran dan disebut Collaborative
Problem Solving (CPS). Metode yang digunakan untuk mengkaji keterampilan CPS
mahasiswa menggunakan evaluasi countenance stake. Analisis skema observation dan
judgement menggunakan pendekatan Model Rasch. Metode pengumpulan data secara
observasi untuk keterampilan CPS meliputi Cognitive Skills dan Social Skills, data lembar
hasil penyelesaian masalah (LO), dan Kuesioner pengalaman belajar mahasiswa (CEQ).
Hasil analisis congruence dan contigency dengan Model Rasch menunjukkan bahwa
mahasiswa memiliki cognitive skills yang cukup baik, namun social skills mahasiswa tidak
dimiliki secara maksimal. Sehingga tingkat keberhasilan penyelesaian masalah masih
kurang dari standar karena berbagai potensi ide solusi seluruh anggota tidak terakomodir
secara baik. Selain itu, temuan penelitian memberikan rekomendaasi perlunya kajian lebih
lanjut terkait keterempilan bernalar dan berpikir kreatif mahasiswa dalam menyelesaikan
masalah agar diketahui kreativitas berpikir dan cara bernalar seperti apa yang digunakan
mahasiswa untuk mengambil keputusan atau solusi permasalahan.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7302]