• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MIND MAP PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN

    Thumbnail
    View/Open
    Alifa Juliana 130210102026.pdf sdh.pdf (7.579Mb)
    Date
    2017-10-19
    Author
    Juliana, Alifa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mind Map adalah teknik yang menawarkan hubungan antar konsep dengan kata kunci yang dapat memaksimalkan fungsi otak dan mengklasifikasikan pengetahuan (Weideman and Kritzinger 2003). Mind Map bisa digunakan untuk mengungkapkan skema kognitif yang ada pada siswa. Pada awal pembelajaran perlu dilakukan pengajaran untuk pengetahuan awal dan pada akhir pembelajaran dapat diketahui ketidakpahaman siswa terhadap materi. Mind map juga berguna untuk pengungkapan pendapat hal-hal yang penting bagi siswa untuk mengingat suatu materi (Davies, 2010). Dengan mind map maka akan tercipta pandangan yang menyeluruh terhadap pokok permasalahan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil salah satu kelas dan sebagai subyek penelitian adalah seluruh siswa dalam satu kelas tersebut. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk memperoleh suatu produk pengembangan mind map pada pokok bahasan momentum, impuls, dan tumbukan. Desain pengembangan mind map pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar ulangan harian, dan respon siswa. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi, tes ulangan harian, dan lembar respon siswa. Data yang didapatkan adalah validasi, nilai hasil ulangan harian siswa, dan data respon siswa. Hasil validasi produk adalah sebesar 4,52 mencapai kategori valid dengan menggunakan 3 validator, 2 validator dari dosen Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember, dan 1 validator guru mata pelajaran fisika di SMAN 2 Jember. Hasil belajar siswa tergolong sangat baik karena dengan mind map dapat diketahui keterukuran tujuan pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82282
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15277]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository