Pengembangan Model Pembelajaran Problem Mapping Concept Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains
Abstract
Indikator pembelajaran bermakna adalah mahasiswa mampu memecahkan masalah dengan cara
sendiri. Cara mahasiswa memecahkan masalah sangat dipengaruhi oleh keterampilan proses sains
mahasiswa. Salah satu cara mengetahui bagaimana mahasiswa belajar memecahkan masalah adalah
dengan melihat bagaimana mahasiswa memetakan masalah, sehingga akan terlihat cara mahasiswa
mengkonstruksi pengetahuannya untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu, diperlukan strategi
pembelajaran yang dapat mendesain dan melihat bagaimana mahasiswa bisa memecahkan masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran problem mapping concept (PMC)
dan mengukur efektivitas model pembelajaran PMC terhadap keterampilan proses sains mahasiswa.
Desain penelitian untuk pengembangan model pembelajaran PMC adalah metode penelitian dan
pengembangan Borg and Gall. Validasi isi dan konstruk kelayakan model pembelajaran PMC
dilakukan olah ahli. Hasil validasi menunjukkan model pembelajaran PMC layak digunakan dalam
pembelajaran. Dampak model pembelajaran PMC terhadap keterampilan proses sains mahasiswa
dilihat dengan membandingkan hasil pretes dan postes keterampilan proses sains. Uji-t berpasangan
sisi atas digunakan untuk menganalisis pengaruh model belajar terhadap keterampilan proses sains.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran PMC secara signifikan dapat
meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]