Browsing SRA-Education by Author "Dinawati Trapsilasiwi"
Now showing items 1-12 of 12
-
Analisis Buku Matematika SMA/MA Kelas X Semester 2 (Kurikulum 2013) Berdasarkan Kriteria Bell
Nafi'atur Rosyidah; Dinawati Trapsilasiwi; Arika Indah Kristiana (UNEJ, 2015)Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa melalui bimbingan, pengajaran, dan / atau pelatihan untuk perannya di masa depan (UURI 2 tahun 1989, Bab I, Pasal 1 di Hamalik, 2003: 2). Untuk meningkatkan kualitas ... -
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember
Arif Priyanto; Suharto; Dinawati Trapsilasiwi (UNEJ, 2015)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika pokok bahasan Teorema Pythagoras menggunakan kategori kesalahan Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif ... -
Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar
Gathut Limardani; Dinawati Trapsilasiwi; Arif Fatahillah (UNEJ, 2015)Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan letak kesulitan, persentase tingkat kesulitan, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan, dan persentase pengaruh kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi aljabar ... -
Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom
Nancy Yunita Susanti; Dinawati Trapsilasiwi; Dian Kurniati (UNEJ, 2015)Buku teks pelajaran berperan penting dan strategis dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah. Buku teks dilengkapi dengan soal-soal latihan yang belum terklasifikasi tingkat kognitifnya. Penelitian ini ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok SMP Kelas VIII
Naraini Khoirina; Dinawati Trapsilasiwi; Susi Setiawani (UNEJ, 2016)Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang menitikberatkan pada pembentukan pola pikir dan aktivitas siswa saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan ... -
Pengembangan Tes Matematika Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Ferina Widya Wiyanti; Hobri; Dinawati Trapsilasiwi (UNEJ, 2015)Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan memperoleh hasil pengembangan paket tes matematika kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ... -
Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing Dengan Metode Pembelajaran Ekspositori Padapokok Bahasan Aritmatika Sosial di SMP Negeri 7 Jember
Faris Syaifulloh; Dinawati Trapsilasiwi; Dian Kurniati (UNEJ, 2015)Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah, untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar dan hasil belajar manakah yang lebih baik antara siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Role Playing dengan ... -
Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dan Ekspositori di Kelas VIII MTs Negeri Jember 1
Ayu Zulfiah Hasan; Dinawati Trapsilasiwi; Susi Setiawani (UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SFAE (Student Facilitator And Explaining) dan siswa yang diajar menggunakan ... -
Profil Pemecahan Masalah Sub Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pada Siswa Kelas IX MtsN 1 Jember dengan Tahapan Polya ditinjau berdasarkan Adversity Quotient (AQ)
Dyah Ayu Setyorini; Suharto; Dinawati Trapsilasiwi (UNEJ, 2016)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah dengan Tahapan Polya ditinjau berdasarkan Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis data yang diambil ... -
Proses Berpikir Kreatif Siswa Berdasarkan Tingkat Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Soal Cerita Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Segi Empat Berbasis Tahapan Wallas
Devi Ratnasari; Hobri; Dinawati Trapsilasiwi (UNEJ, 2015)Kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan suatu masalah dapat digolongkan menjadi dua, yaitu kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif. Pemecahan masalah secara kreatif membutuhkan cara berpikir divergen, ... -
Proses Berpikir Siswa Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif dalam Memecahkan Masalah Matematika di Kelas VII SMPN 11 Jember
Nahda Cindy Aprilia; Sunardi; Dinawati Trapsilasiwi (UNEJ, 2016)Proses berpikir selalu dialami oleh setiap orang ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, siswa juga mengalami proses berpikir ketika dihadapkan dengan berbagai masalah matematika. Proses berpikir juga ... -
Proses Berpikir Siswa Menurut Piaget dalam Menyelesaikan Permasalahan Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Tahapan Polya Pada Kelas X SMK Negeri 2 Jember
Rohmatul Isnaini; Susanto; Dinawati Trapsilasiwi (UNEJ, 2016)Pemecahan masalah adalah suatu kemampuan berpikir melalui sebuah proses berpikir, yang dapat memberikan sejumlah pengalaman baru kepada siswa dalam memahami matematika[1]. Salah satu cara memecahkan masalah adalah dengan ...