• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Berpikir Siswa Menurut Piaget dalam Menyelesaikan Permasalahan Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Tahapan Polya Pada Kelas X SMK Negeri 2 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    ROHMATUL ISNAINI.odt (486.2Kb)
    Date
    2016
    Author
    Rohmatul Isnaini
    Susanto
    Dinawati Trapsilasiwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemecahan masalah adalah suatu kemampuan berpikir melalui sebuah proses berpikir, yang dapat memberikan sejumlah pengalaman baru kepada siswa dalam memahami matematika[1]. Salah satu cara memecahkan masalah adalah dengan menggunakan tahapan Polya. Penelitian ini mendiskripsikan proses berpikir menurut Piaget siswa kelas X GB1 SMK Negeri 2 Jember, dalam memecahkan permasalahan luas permukaan bangun ruang berdasarkan tahapan Polya. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik Snowball Sampling pada setiap tingkatan kemampuan matematika, dan didapatkan 6 subjek yang terdiri dari 2 subjek disetiap tingkatan. Dari 6 subjek tersebut didapatkan hasil: (1)Siswa dengan kemampuan matematika rendah cenderung lebih banyak mencapai kondisi disequilibrium daripada equilibrium. (2)Siswa dengan kemampuan matematika sedang cukup banyak mencapai kondisi equilibrium dan beberapa kondisi disequilibrium. sedangkan (3)Siswa dengan kemampuan matematika tinggi dapat mencapai kondisi equilibrium disetiap permasalahan. Kondisi equilibrium dan disequilibrium terjadi setelah siswa mengalami serangkaian proses asimilasi dan akomodasi yang terjadi secara berulang-ulang, berdasarkan pada skema yang telah ada dalam pikiran siswa dari pengalaman sebelumnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77441
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository