Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing Dengan Metode Pembelajaran Ekspositori Padapokok Bahasan Aritmatika Sosial di SMP Negeri 7 Jember
View/ Open
Date
2015Author
Faris Syaifulloh
Dinawati Trapsilasiwi
Dian Kurniati
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah, untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar dan hasil belajar manakah yang lebih baik antara siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Role Playing dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Ekspositori pada kelas VII pokok bahasan Aritmatika Sosial di SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS 17 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang menggunakan pembelajaran Role Playing dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Ekspositori dengan perbedaan rata-rata sebesar 7,29545. rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen adalah 73,8864 sedangkan rata-rata nilai tes akhir kelas kontrol adalah 66,5909. Dilihat dari data rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran role playing lebih baik dari pada kelas kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori.
Collections
- SRA-Education [1352]