UT-Faculty of Teacher Training and Education: Recent submissions
Now showing items 121-140 of 15730
-
Pengaruh Model PBL Berbasis Engineering Design Process terhadap Keterampilan Berpikir Komputasional Siswa SMP pada Pembelajaran IPA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2025-04-16)Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model PBL berbasis Engineering Design Process terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa SMP dalam dalam pembelajaran IPA. Keterampilan berpikir komputasional siswa ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone dengan MIT App Inventor pada Materi Pasar (Studi Kasus Peserta Didik Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi Di MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2024/2025)
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2025-01-20)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis smartphone yang layak, menarik, dan efektif yang ditujukan bagi peserta didik kelas X di MAN 2 Jember. Metode yang dipakai dalam penelitian ini untuk ... -
Pengembangan E-LKPD Bermuatan Problem Based Learning Berbasis Website Liveworksheets pada Pembelajaran Geografi SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-11-19)Pembelajaran abad 21 tidak dapat dipisahkan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang sejalan dengan penerapan pembelajaran abad 21. ... -
Ramadlaniphytochemical Profiling dan Efek Antioksidan dari Ekstrak Daun Belincong (Marsdenia Brunoniana) dan Pemanfaatannya Sebagai Book Chapter
(Fakultas Keguruan dan Ilmpu Pendidikan Universitas Jember, 2025-03-10)Radikal bebas merupakan sebuah molekul yang memiliki satu atau lebih elektron tak berpasangan sehingga bersifat sangat reaktif dan tidak stabil. Molekul ini diketahui dapat menyebabkan berbagai penyakit degeneratif, ... -
Toksisitas Campuran Esktrak Daun Kemangi (Ocimum Basilicum L.) dan Ekstrak Daun Mint (Mentha X Piperita) Terhadap Mortalitas Larva Nyamuk Aedes Aegypti L. Serta Pemanfaatannya Sebagai Leaflet
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2025-03-13)Demam berdarah merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia yang terus meningkat jumlah penderitanya. Data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan kasus demam berdarah meningkat delapan kali lipat dalam dua ... -
Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran IPA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2025-03-13)Pembelajaran IPA merupakan suatu proses pembelajaran yang dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa sehingga memungkinkan siswa mengembangkan berbagai keterampilan, termasuk keterampilan berpikir kreatif. ... -
Pengaruh Model Guided Inquiry Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Ilmiah Dalam Pembelajaran Fisika SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2025-02-26)Salah satu karakteristik yang harus dimiliki oleh siswa di abad 21 yaitu kemampuan memecahkan masalah. Kemampuan memecahkan masalah merupakan kemampuan yang berkaitan dengan aspek pengetahuan, kemampuan beripikir, ... -
Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Assessment Nearpod Terhadap Minat belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2025-03-03)Pembelajaran fisika merupakan proses untuk memberikan siswa pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas dan mampu berpikir secara ilmiah. Pelajaran fisika identik dengan penerapan metode ceramah yang cenderung bepusat pada ... -
Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas V SDN Gelang 02
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2025-02-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh dari kegiatan literasi dasar terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas V SDN Gelang 02 Kabupaten Jember. Terdapat banyak sekali tantangan untuk ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Brain-Based Learning Menggunakan Media Call Cards pada Materi Sistem Pencernaan terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-07-13)In this 21st century, education has grown rapidly in terms of knowledge. This increase in knowledge is supported by the application of appropriate models and media. One of them is by applying the Brain-Based Learning model ... -
Keanekaragaman Jenis Diptera di Resort Grajagan Taman Nasional Alas Purwo serta Pemanfaatannya sebagai Buku Ilmiah Populer
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-07-25)Diptera memiliki jenis yang beragam, adanya keanekaragaman yang tinggi tentunya berkaitan dengan peran di alam. Diptera memiliki banyak peran, diantaranya sebagai bioindikator, polinator. Beberapa diantaranya Eristalinus aeneus ... -
Pengaruh Jenis Sampah Plastik Styrofoam terhadap Degradasi dan Pertumbuhan Larva Tenebrio molitor L. serta Pemanfaatannya sebagai Buku Ilmiah Populer
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-07-13)Jumlah sampah plastik di Indonesia mengalami peningkatan. Sampah plastik memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yaitu polystyrene atau sering dikenal dengan styrofoam. Polystyrene terbagi menjadi 3 yaitu Expanded ... -
Mitos dalam Tradisi Moang Na'as Masyarakat Desa Penambangan Kabupaten Bondowoso
(Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2025-01-31)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud, fungsi, dan nilai budaya dalam mitos tradisi Moang Na’as dan pemanfaatannya sebagai alternatif materi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan ... -
Analisis Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau Menggunakan Metode Normalized Difference Vegetation Indeks (Ndvi) di Kota Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2025-01-30)Ruang Terbuka Hijau menjadi hal yang sangat penting dan memiliki pengaruh besar terhadap keseimbangan ekosistem perkotaan. Hal ini karena Ruang Terbuka Hijau sebagai tempat untuk saling bersosialisasi, bermain, estetika ... -
Analisis b-Coloring pada Keluarga Graf Pohon
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2025-03-07)Graf pohon merupakan graf terhubung dan tidak memiliki sirkuit. Graf pohon yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: graf sapu, graf kembang api, graf pohon pisang, graf kelabang, graf E, dan graf bintang ganda. ... -
Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Vee Map Terhadap Keterampilan Inferensi dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Pokok Bahasan Arus Bolak Balik
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2025-03-27)Kualitas pendidikan di Indonesia masih menghadapi tantangan dalam peningkatannya, agar terwujud pendidikan abad 21 yang maksimal. Pembelajaran abad 21 merujuk pada pendekatan pendidikan yang menekankan keterampilan ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book IPA Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2025-03-11)Peserta didik di Indonesia memiliki keterampilan berpikir kreatif yang relatif kurang (Abdurrozak dan Jayadinata, 2016). Keterampilan berpikir kreatif berperan dalam mengembangkan diri siswa khususnya dalam pembelajaran ... -
Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Mind Mapping pada Materi Energi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jambewangi Kabupaten Banyuwangi
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2025-03-14)Permasalahan yang melatar belakangi dilakukannya penelitian tindakan kelas ini yaitu kurangnya variasi model dalam pembelajaran, kurang tepatnya menggunakan strategi pembelajaran, siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran ... -
Pengaruh Model Learning Cycle 7E Berbantuan PhET Simulation Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMK
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2025-03-20)Pembelajaran fisika merupakan pembelajaran ilmu sains yang membahas mengenai fenomena alamiah yang diinterpretasikan melalui rumus matematis untuk membuktikan validitas suatu gejala alam. Faktor yang signifikan ... -
Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model PjBL Terintegrasi STEM Pada Pokok Bahasan Hukum Newton
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2025-02-24)Pembelajaran di abad ke-21 menuntut siswa memiliki keterampilan yang dapat membantu siswa bersaing dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Keterampilan yang perlu dikembangkan adalah 6C (critical thinking, ...