• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Materi Bangun Datar

    Thumbnail
    View/Open
    200210101110 (4).pdf (3.872Mb)
    Date
    2024-07-05
    Author
    ANGGRIANA, Dika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian kualitatif ini bertujuan menganalisis kemampuan numerasi siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) materi bangun datar. Pemilihan subjek penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan populasi penelitian berjumlah 31 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wuluhan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan numerasi dan lembar wawancara. Hasil data dipaparkan dan dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan numerasi siswa lebih dominan ke dalam kategori sedang dengan persentase 65%. Siswa dengan kemampuan numerasi tinggi dengan presentase 16% ditandai dengan mampu memenuhi ketiga indikator numerasi yaitu: (1) memodelkan soal ke dalam bentuk matematika menggunakan bahasa sendiri, menuliskan informasi permasalahan menggunakan simbol, variabel yang sesuai, dan diagram, merancang, (2) mengimplementasikan strategi untuk mendapatkan solusi dari permasalahan, (3) menafsirkan kembali hasil perhitungan dari prosedur matematika dalam konteks sehari-hari serta menyimpulkan. Siswa dengan kemampuan numerasi sedang ditandai dengan mampu memenuhi dua indikator numerasi yaitu: (1) mengimplementasikan strategi untuk mendapatkan solusi dari permasalahan, (2) menafsirkan kembali hasil perhitungan dari prosedur matematika dalam konteks sehari-hari serta menyimpulkan. Siswa dengan kemampuan numerasi rendah dengan presentase 19% ditandai dengan tidak mampu memenuhi ketiga indikator numerasi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126655
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository