Pengaruh Bahan Ajar Relativitas Khusus Einstein Berbantuan Teorema Pythagoras Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Pembelajaran fisika adalah proses interaksi antara pendidik dan peserta didik dengan menggunakan sumber belajar yang membahas ilmu fisika. Bahan ajar adalah segala sesuatu yang tertulis maupun tidak tertulis yang digunakan guru sebagai alat bantu dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar relativitas khusus Einstein berbantuan teorema Pythagoras dan tidak menggunakan bahan ajar relativitas khusus Einstein berbantuan teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XII MIPA SMA Negeri di Jember yang terdiri kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sebelum diberi perlakuan, dilakukan uji homogenitas. Jika dinyatakan homogen, maka dapat menggunakan teknik cluster random sampling untuk memilih kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah bahan ajar dan tes deskriptif. Data hasil SPSS diperoleh nilai Sig. 0,001 lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikansi = 0,05. Dari data hasil belajar, terdapat pengaruh bahan ajar relativitas khusus Einstein berbantuan teorema Pythagoras terhadap hasil belajar siswa.