Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Gadingrejo 1 Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan
Abstract
Berpikir kritis merupakan keterampilan yang dibutuhkan siswa untuk dapat berpikir sesuai pengalaman yang diperoleh siswa, menjawab permasalahan dengan baik dan mengambil keputusan berdasarkan temuan siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gadingrejo 1 Jember. Jumlah siswa yang akan dijadikan sampel adalah 35 siswa. Hasil dari analisis soal HOTS terlihat masih banyak siswa yang belum mampu menjawab pertanyaan pada beberapa indikator. Masih banyak siswa yang tidak memeriksa jawabannya lagi. Dan ketika siswa menemui pertanyaan sulit, mereka cenderung menjawab menggunakan logika tanpa memperhatikan sumbernya. Hal ini terlihat dari banyaknya jawaban siswa yang benar namun tidak tepat dalam memberikan penjelasan.