Pengaruh Film Dokumenter Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Berbasis Biographical Method Terhadap Visual Literacy Skill Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah
Abstract
Penelitian dalam skripsi berjudul judul “Pengaruh Film Dokumenter Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Berbasis Biographical Method Terhadap Literasi Visual Skill Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah” ini dilatar belakangi oleh fenomena semakin kurangnya intensitas ketertarikan membaca, menganalisis, dan mendeskripsikan visual kejadian di masa lampau peserta didik saat pembelajaran sejarah. Sehingga untuk mencapai keberhasilan pembelajaran memerlukan adanya media pembelajaran yang mampu mendukung fenomena kurangnya intensitas visual peserta didik seperti film dokumenter. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari media yang dipilih yakni film dokumenter terhadap peserta didik di pembelajaran sejarah dan menganalisis perbedaam sebelum serta sesudah pemberian media film dokumenter. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan instrumen tes serta wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa film dokumenter proklamasi kemerdekaan Indonesia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap literacy visual skill yang ditunjukkan dalam nilai partial eta square sebesar 0,080. Sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dipilih yakni film dokumenter mampu memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca visual peserta didik untuk menganalis peristiwa sejarah yang terjadi di masa lampau.