• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Film Dokumenter Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Berbasis Biographical Method Terhadap Visual Literacy Skill Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah

    Thumbnail
    View/Open
    Amalia Nurma Kinanti_200210302020_Skripsi Repository.pdf (2.421Mb)
    Date
    2024-07-17
    Author
    KINANTI, Amalia Nurma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dalam skripsi berjudul judul “Pengaruh Film Dokumenter Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Berbasis Biographical Method Terhadap Literasi Visual Skill Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah” ini dilatar belakangi oleh fenomena semakin kurangnya intensitas ketertarikan membaca, menganalisis, dan mendeskripsikan visual kejadian di masa lampau peserta didik saat pembelajaran sejarah. Sehingga untuk mencapai keberhasilan pembelajaran memerlukan adanya media pembelajaran yang mampu mendukung fenomena kurangnya intensitas visual peserta didik seperti film dokumenter. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari media yang dipilih yakni film dokumenter terhadap peserta didik di pembelajaran sejarah dan menganalisis perbedaam sebelum serta sesudah pemberian media film dokumenter. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan instrumen tes serta wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa film dokumenter proklamasi kemerdekaan Indonesia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap literacy visual skill yang ditunjukkan dalam nilai partial eta square sebesar 0,080. Sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dipilih yakni film dokumenter mampu memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca visual peserta didik untuk menganalis peristiwa sejarah yang terjadi di masa lampau.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126615
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository