Preferensi Konsumen Produk Jamu Berbasis Bunga Telang Tinggi Antioksidan (Studi Kasus Ngejamu Ang Kediri)
Abstract
Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang
dapat dikatakan sangat melimpah salah satunya adalah tanaman herbal. Keberadaan
tanaman herbal yang melimpah berpotensi untuk dijadikan sebagai bahan
pembuatan jamu. Jamu merupakan minuman yang dikonsumsi masyarakat untuk
meningkatkan kebugaran badan, menyembuhkan berbagai gejala penyakit,bahkan
jamu juga dapat dijadikan sebagai minuman kecantikan. Seiring berkembangnya
zaman dan industri, serta adanya perubahan perilaku dan gaya hidup masyarakat,
permintaan dan keinginan masyarakat makin beragam. Banyak produsen jamu
melakukan inovasi produk namun tetap memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.
Salah satu produk inovasi jamu yaitu jamu bunga telang yang diproduksi oleh
UMKM Ngejamu Ang yang berlokasi di Kelurahan Bujel Gang 4 Barat Sungai RT.
05 RW. 04 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri dan merupakan produk yang
tergolong baru serta masih membutuhkan uji konsep produk sebagai bahan
evaluasi. Jamu bunga telang memiliki berbagai atribut seperti rasa, warna, aroma,
tekstur dan kandungan. Atribut tersebut dapat dirancang ke dalam berbagai
kombinasi berbeda untuk menarik minat dan mempengaruhi preferensi konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan serta menentukan
kombinasi atribut dari jamu bunga telang yang sesuai dengan preferensi konsumen.
Stimuli yang terbentuk pada penelitian ini sebanyak 16 stimuli. sampel yang
digunakan sebagai responden sebanyak 70 responden yang pernah mengonsumsi
jamu dan konsumen dari ngejamu ang. Analisis preferensi konsumen dilakukan
dengan menggunakan metode conjoint analysis. Metode tersebut secara spesifik
digunakan untuk mengetahui bagaimana keinginan atau preferensi konsumen
terhadap suatu produk dengan mengukur tingkat kegunaan dan nilai kepentingan
relatif berbagai atribut suatu produk. Tahapan dalam menggunakan metode konjoin
DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER
DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER
viii
meliputi penentuan atribut dan level atribut, membuat stimuli dengan bantuan
software SPSS 25.0 for Windows dan dilanjutkan dengan analisis konjoin.
Hasil preferensi konsumen jamu bunga telang menunjukkan bahwa pada
produk jamu bunga telang mengandung aktivitas antioksidan sebesar 54,40%.
Kombinasi atribut jamu bunga telang yang paling disukai konsumen adalah rasa
asam, warna ungu gelap, aroma rempah-rempah, viskositas encer, dan kandungan
tinggi. Kombinasi tersebut diperoleh berdasarkan nilai total kegunaan terbesar dari
seluruh stimuli yang ada. Rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan oleh
ngejamu ang guna mempertahankan kualitas atribut yang disukai konsumen yaitu
memperhatikan komposisis bahan yang digunakan, melakukan penyortiran bunga
telang, memperhatikan waktu proses penjemuran bunga telang, dan memperhatikan
waktu panen dari bunga telang