• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pemasaran Produk Kopi Robusta Bubuk Kahyangan Berbasis Kepuasan Konsumen

    Thumbnail
    View/Open
    Eka Andina Skripsi Repository.pdf (1.608Mb)
    Date
    2023-06-04
    Author
    ZULVITA, Eka Andina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kopi bubuk robusta “Kahyangan” merupakan produk hasil Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kahyangan yang dikelola oleh BUMD Jember. Kopi robusta mempunyai rasa yang khas seperti coklat dan pahit, sedikit rasa asam, dan aroma yang manis. Saat ini Kopi Kahyangan belum banyak dikenal oleh pasar yang diduga terjadi karena belum adanya target segmen pasar yang jelas. Adanya segmentasi pasar menjadikan perusahaan mempunyai fokus dalam penjualannya dan memperluas jangkauan penjualan. Dengan adanya segmentasi pasar, perusahaan dapat menentukan sebuah strategi dalam memperluas pasar dan meningkatkan kepuasan konsumen. Konsumen akan merasa puas jika produk yang dibeli sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu dilakukan identifikasi segmen pasar dan pengukuran kepuasan konsumen guna menetapkan strategi pemasaran yang tepat di Perumda Perkebunan Kahyangan. Metode yang digunakan dalam penentuan segmentasi pasar ialah dengan analisis k-means cluster yang merupakan suatu kelas teknik dalam membagi objek atau kasus kedalam kelompok yang relatif homogen. Pada penelitian ini, terdapat tiga segmentasi yang digunakan yaitu segmentasi demografis, psikografis, dan perilaku konsumen. Adapun pengukuran kepuasan konsumen dilakukan dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Atribut produk yang digunakan berupa warna, aroma, tekstur, rasa pahit, manis, asam, fruity, smoky, jenis kemasan, volume produk, desain kemasan, dan informasi produk. Selajutnya, penetapan strategi pemasaran dilakukan dengan marketing mix atribut 4P yang meliputi product, price, place, dan promotion. Masing-masing atribut dianalisis kemudian dilakukan perbaikan. Penelitian ini menggunakan 60 responden yang merupakan konsumen kopi robusta. Responden diperoleh dari tiga warung kopi yang ada di wilayah Jember yaitu Warung Buleck, Warung Kopi Anwar, dan Warung Kopi Lek Wahyu. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS untuk menghindari kesalahan perhitungan. Hasil dari penelitian yaitu terdapat tiga segmen pasar kopi robusta yang memiliki karakteristik berbeda sesuai segmentasi demografis, psikografis, dan perilaku. Ketiga segmen tersebut adalah segmen dewasa awal, lansia, dan remaja akhir dengan persentase masing-masing segmen yaitu 70%, 17%, dan 13%. Segmen yang paling berpotensial ialah segmen dewasa awal karena memiliki jumlah anggota yang paling banyak. Segmen dewasa awal inilah yang akan dijadikan target pasar kopi bubuk robusta “Kahyangan”. Segmen ini disebut dewasa awal karena usia konsumen berada pada rentang 28-37 tahun. Adapun hasil pengukuran kepuasan konsumen menggunakan metode CSI yaitu sebesar 73,77%. Nilai ini menandakan bahwa konsumen merasa puas dengan produk kopi robusta bubuk “Kahyangan. Hasil pengukuran CSI belum mencapai rentang sangat puas yaitu 81- 100% sehingga perlu dilakukan adanya perbaikan pada atribut produk agar konsumen merasa sangat puas. Penepatan strategi pemasaran menggunakan marketing mix atribut 4P didasarkan pada kriteria segmen dewasa awal dan kepuasannya terhadap produk.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118481
    Collections
    • UT-Faculty of Agricultural Technology [2744]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository