Show simple item record

dc.contributor.authorZULVITA, Eka Andina
dc.date.accessioned2023-10-25T08:15:50Z
dc.date.available2023-10-25T08:15:50Z
dc.date.issued2023-06-04
dc.identifier.nim191710301032en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118481
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_agustus_2023_21 Finalisasi unggah file repositori tanggal 25 Oktober 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractKopi bubuk robusta “Kahyangan” merupakan produk hasil Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kahyangan yang dikelola oleh BUMD Jember. Kopi robusta mempunyai rasa yang khas seperti coklat dan pahit, sedikit rasa asam, dan aroma yang manis. Saat ini Kopi Kahyangan belum banyak dikenal oleh pasar yang diduga terjadi karena belum adanya target segmen pasar yang jelas. Adanya segmentasi pasar menjadikan perusahaan mempunyai fokus dalam penjualannya dan memperluas jangkauan penjualan. Dengan adanya segmentasi pasar, perusahaan dapat menentukan sebuah strategi dalam memperluas pasar dan meningkatkan kepuasan konsumen. Konsumen akan merasa puas jika produk yang dibeli sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu dilakukan identifikasi segmen pasar dan pengukuran kepuasan konsumen guna menetapkan strategi pemasaran yang tepat di Perumda Perkebunan Kahyangan. Metode yang digunakan dalam penentuan segmentasi pasar ialah dengan analisis k-means cluster yang merupakan suatu kelas teknik dalam membagi objek atau kasus kedalam kelompok yang relatif homogen. Pada penelitian ini, terdapat tiga segmentasi yang digunakan yaitu segmentasi demografis, psikografis, dan perilaku konsumen. Adapun pengukuran kepuasan konsumen dilakukan dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Atribut produk yang digunakan berupa warna, aroma, tekstur, rasa pahit, manis, asam, fruity, smoky, jenis kemasan, volume produk, desain kemasan, dan informasi produk. Selajutnya, penetapan strategi pemasaran dilakukan dengan marketing mix atribut 4P yang meliputi product, price, place, dan promotion. Masing-masing atribut dianalisis kemudian dilakukan perbaikan. Penelitian ini menggunakan 60 responden yang merupakan konsumen kopi robusta. Responden diperoleh dari tiga warung kopi yang ada di wilayah Jember yaitu Warung Buleck, Warung Kopi Anwar, dan Warung Kopi Lek Wahyu. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS untuk menghindari kesalahan perhitungan. Hasil dari penelitian yaitu terdapat tiga segmen pasar kopi robusta yang memiliki karakteristik berbeda sesuai segmentasi demografis, psikografis, dan perilaku. Ketiga segmen tersebut adalah segmen dewasa awal, lansia, dan remaja akhir dengan persentase masing-masing segmen yaitu 70%, 17%, dan 13%. Segmen yang paling berpotensial ialah segmen dewasa awal karena memiliki jumlah anggota yang paling banyak. Segmen dewasa awal inilah yang akan dijadikan target pasar kopi bubuk robusta “Kahyangan”. Segmen ini disebut dewasa awal karena usia konsumen berada pada rentang 28-37 tahun. Adapun hasil pengukuran kepuasan konsumen menggunakan metode CSI yaitu sebesar 73,77%. Nilai ini menandakan bahwa konsumen merasa puas dengan produk kopi robusta bubuk “Kahyangan. Hasil pengukuran CSI belum mencapai rentang sangat puas yaitu 81- 100% sehingga perlu dilakukan adanya perbaikan pada atribut produk agar konsumen merasa sangat puas. Penepatan strategi pemasaran menggunakan marketing mix atribut 4P didasarkan pada kriteria segmen dewasa awal dan kepuasannya terhadap produk.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Winda Amilia S.TP., M.Sc. ; Dosen Pembimbing anggota : Miftahul Choiron, S.TP., M.Sc., Ph.D.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Teknologi Pertanianen_US
dc.subjectSegmentasi Pasaren_US
dc.subjectKepuasan Konsumenen_US
dc.subjectMarketing Mixen_US
dc.subjectKopi Robustaen_US
dc.titleStrategi Pemasaran Produk Kopi Robusta Bubuk Kahyangan Berbasis Kepuasan Konsumenen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknologi Industri Pertanianen_US
dc.identifier.pembimbing1Winda Amilia, S.TP., M.Scen_US
dc.identifier.pembimbing2Miftahul Choiron, S.TP., M.Sc., Ph.Den_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_agustus_2023_21en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record