Penerapan Marketing Mix pada Strategi Pemasaran Otak-Otak Bandeng (Studi Kasus di UD Aisyah Group, Kabupaten Gresik)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel marketing mix (bauran pemasaran) meliputi produk, harga, promosi, tempat, orang, bukti fisik, proses terhadap keputusan pembelian konsumen otak-otak bandeng Mak Cah baik secara simultan maupun parsial serta merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk dijalankan di UD Aisyah Group. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran (X) terhadap keputusan pembelian (Y). Analisis Analtytical Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan variabel bauran pemasaran yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen otak-otak bandeng. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga didapatkan jumlah responden 95 orang. Hasil analisis menunjukkan variabel bauran pemasaran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan secara parsial yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian adalah variabel produk dengan nilai koefisien t hitung 2,414. Prioritas strategi terbaik yang perlu dilakukan UD Aisyah Group untuk mencapai target pemasaran, yaitu mempertahankan cita rasa produk dengan resep yang sudah turun menurun dengan nilai bobot 0.196.