• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agricultural Technology
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Peningkatan Kualitas Produk dan Pelayanan pada Lyly Bakery Lamongan

    Thumbnail
    View/Open
    TA_Vivien Mustida(17-1041).pdf (3.822Mb)
    Date
    2022-03-29
    Author
    MUSRIDA, Vivien
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Lyly bakery merupakan persahaan yang bergerak dalam bidang usaha produksi dan pemasaran bakery, cake, pastry, dan donuts yang berada di kota Lamongan, Jawa Timur. Perusahaan ini melakukan kegiatan mulai dari pembuatan roti hingga pemasaran produk. Salah satu misi Lyly bakery Lamongan yaitu mengutamakan kualitas rasa dan mempertahankan citra perusahaan yang baik di masyarakat. Keberhasilan misi tersebut dapat dilihat dari penilaian konsumen terhadap kualitas produk yang dibeli dan pelayanan yang diperoleh. Kepuasan konsumen harus dipertahankan dan ditingkatkan untuk mewujudkan misi perusahaan. Perusahaan harus jeli dan teliti melihat perubahan kebutuhan konsumen dan memenuhinya untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Perubahan kebutuhan konsumen Lyly bakery Lamongan dipengaruhi oleh pandemi covid-19 dan banyaknya pilihan brand bakery yang ada di Lamongan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghitung presentase tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut kualitas produk dan pelayanan Lyly bakery Lamongan, menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja setiap atribut yang ditawarkan Lyly bakery Lamongan, serta menentukan strategi peningkatan kualitas produk dan kualitas pelayanan Lyly bakery Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), dan Quality Function Deployment (QFD). Metode CSI digunakan untuk menghitung persentase kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan kualitas pelayanan. Metode IPA digunakan untuk mengetahui atribut yang perlu diperbaiki. Analisis QFD dilakukan menggunakan matriks HOQ untuk menentukan strategi perbaikan atribut yang paling prioritas. Hasil analisis Customer Satisfaction Index menunjukkan bahwa konsumen puas terhadap produk dan pelayanan yang diberikan oleh Lyly bakery Lamongan. Nilai kepuasan konsumen terhadap atribut produk sebesar 73,70%. Sedangkan untuk atribut pelayanan memperoleh nilai kepuasan konsumen sebesar 75,47%. Kemudian dilakukan analisis IPA dan diperoleh 4 atribut produk dan 3 atribut pelayanan yang berada dalam kuadran 1 dan perlu perbaikan. Atribut produk tersebut yaitu cita rasa produk, tekstur produk, kebersihan produk, dan harga produk. Atribut pelayanan yang perlu perbaikan yaitu layanan delivery order, fasilitas penyampaian keluhan dan saran, serta penerapan protokol kesehatan yang baik. Strategi yang yang dihasilkan berdasarkan urutan respon teknis pada metode QFD yaitu, Membuat dan menerapkan SOP dengan baik, memilih dan melakukan pengecekan bahan baku agar sesuai standar, penerapan SOP hygiene dan sanitasi selama proses produksi, serta memilih pemasok bahan baku yang berkualitas dengan harga terjangkau. Sedangkan strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yaitu, maksimalisasi sistem informasi untuk optimalkan pelayanan, mengadakan layanan online dan pesan antar, menyediakan kontak untuk menyampaikan keluhan dan saran, karyawan memberi arahan penerapan prokes saat pelanggan datang, menambah jumlah karyawan jika diperlukan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108380
    Collections
    • UT-Faculty of Agricultural Technology [2754]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository