Browsing MT-Teacher Training and Education by Title
Now showing items 84-103 of 248
-
Pengaruh Teknik Pembelajaran MURDER dalam Discovery Learning dan Inquiry Learning terhadap Tingkat Berpikir Geometri Siswa
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2019-07-19)Geometri merupakan pokok bahasan matematika yang banyak terkait dengan penerapan matematika dalam masalah kontekstual dalam kehidupan sehari-hari. Siswa banyak mengalami kesulitan dalam menerapkan pengetahuan geometrinya karena ... -
Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Computer Assisted Instruction Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Sma Dengan Model Assure
(2019-03-28)Tuntutan pembelajaran sejarah menurut kurikulum 2013 menuntut berpikir historis yang menjadi dasar kemampuan berpikir logis, kreatif, inspiratif, dan inovatif. Faktanya dari hasil observasi di beberapa SMAN di Kabupaten ... -
Pengembangan Buku Ajar Berbasis Gambar Proses pada Materi Sistem Pencernaan Makanan untuk Pembelajaran Biologi di SMA
(2018-12-04)Buku ajar merupakan bahan ajar penting dan tidak terlepas dari pembelajaran yang tejadi di sekolah. Buku ajar yang baik adalah buku yang telah teruji valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan ... -
Pengembangan Buku Ajar dengan Pendekatan Brain-Based Learning Disertai Permainan Ular Tangga dan Question Card Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA di SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020-07-24)Pembelajaran abad 21 memiliki empat kompetensi yang dapat dikuasai siswa apabila siswa menggunakan buku ajar yang mampu memecahkan permasalahan sekitar. Namun, berdasarkan hasil angket guru menunjukkan bahwa buku yang ... -
Pengembangan Buku Ajar Digital Interaktif Berbasis STEM pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-07-26)Pendidikan di Indonesia sudah saatnya bertransformasi mengikuti pesatnya perkembangan teknologi dengan memanfaatkan media digital sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan buku ... -
Pengembangan Buku Ajar Dilengkapi Augmented Reality Materi Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-03-05)Perkembangan teknologi yang semakin maju, tentunya berpengaruh dan semakin ringkas meskipun tidak mengurangi esensi dari materi. Salah satu perkembangan yang saat ini masih baru yaitu buku ajar dilengkapi Augmented Reality ... -
Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Inkuiri disertai Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa SMA
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2020-03)Pada pembelajaran kurikulum 2013 sikap, proses, produk, dan aplikasi pada pembelajaran fisika tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Siswa diharapkan dapat mengalami secara nyata sesuai dengan kehidupan sehari-hari ... -
Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Inkuiri Pada Materi Mekanika Di SMK.
(2018-07-12)Mata pelajaran fisika pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) termasuk dalam pembelajaran adaptif yaitu mata pelajaran yang menunjang atau mendukung mata pelajaran dasar kejuruan. Pembelajaran fisika harus ... -
Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2023-12-05)Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada abad 21, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mempunyai peran penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia agar memiliki berbagai keterampilan dalam bidang pendidikan. ... -
Pengembangan Buku Ajar Kimia Berbasis Gambar Proses Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Untuk Pembelajaran Di SMA.
(2018-07-11)Inovasi pembelajaran pendidikan terutama bidang sains sangat perlu dilakukan karena berhubungan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam bidang teknologi sains. Pemanfaatan teknologi informasi ... -
Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Aktivitas Petani Kopi di Kabupaten Jember pada Materi Geometri
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-07-03)Pendidikan merupakan dasar untuk memajukan pola pikir setiap individu sehingga sangat penting dalam kemajuan suatu negara. Hal ini dikarenakan pendidikan berkaitan erat dengan kebudayaan. Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun ... -
Pengembangan Buku Ajar Materi Virus Berbasis Stem-Cp untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-06)Pengembangan Buku Ajar Materi Virus Berbasis Stem-Cp untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA: Ira Maya Oktaviani; 180220104001; 2022; 100 Halaman; Program Studi Magister Pendidikan ... -
Pengembangan dan Implementasi Buku Ajar IPA berbasis STEM Terintegrasi dan Potensi Lokal Agroekosistem Kopi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-27)Kabupaten Jember menjadi penghasil komoditas kopi terbesar dan terbaik di Indonesia khususnya di kopi robusta. Namun semakin berjalannya waktu produksi kopi di Kabupaten Jember tampak semakin menurun, menurunnya produktivitas ... -
Pengembangan Digital Assessment berbasis Moodle untuk Mengukur Keterampilan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Pencemaran Lingkungan
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-27)Keterampilan literasi sains menjadi fokus utama dari kecakapan yang harus dikuasai oleh siswa pada Abad 21, namun keterampilan literasi sains siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil analisis pendahuluan ... -
Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Sains Menggunakan Aplikasi Android Pada Materi Sistem Ekskresi SMA
(2018-11-12)Kurikulum 2013 revisi 2016 yang saat ini berlaku pada pelaksanaan proses pendidikan di Indonesia dengan jelas telah memberikan penekanan tentang penguasaan konsep sains yang terdapat pada Kompetensi Inti 3 (KI-3), dan ... -
Pengembangan E-Modul Berbasis Hipermedia pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berargumentasi Siswa SMP/MTs
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-23)The education system in Indonesia has undergone changes due to several factors such as the trends in 21st-century education and the impact of the post-COVID-19 pandemic. These changes have resulted in a shift in students' ... -
Pengembangan E-modul Pelajaran IPA Interaktif Berbasis Google Sites tentang Listrik Statis dan Dinamis untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Keterampilan berpikir Kreatif Siswa MTs
(Fakulta Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-13)RINGKASAN Pengembangan E-modul Pelajaran IPA Interaktif Berbasis Google Sites tentang Listrik Statis dan Dinamis untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Keterampilan berpikir Kreatif Siswa MTs; Sulik Ratnawati; 200220104011; ... -
“Pengembangan E-Modul Pelatihan Guru Sejarah SMK Berbasis Backward Design dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Sejarah Menggunakan Model Borg & Gall
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-21)The subject of History plays a crucial role in shaping our understanding of the past and provides valuable insights into the current context. In this regard, the capabilities and competencies of teachers are of utmost ... -
Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) pada Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan Literasi Kimia dan Hasil Belajar Siswa
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2023-01-12)Literasi kimia didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk memahami dan menerapkan pengetahuan kimia dalam kehidupan sehari-hari secara tepat dan efektif. Hasil angket guru dan siswa yang disebarkan melalui komunitas ... -
Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) Materi Usaha dan Energi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-01-23)Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu tuntutan dalam pembelajaran abad 21. Oleh karena itu, melatih siswa untuk berpikir kritis sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran agar siswa dapat menghadapi dan menjawab ...