Pengembangan Buku Ajar Kimia Berbasis Gambar Proses Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Untuk Pembelajaran Di SMA.
Abstract
Inovasi pembelajaran pendidikan terutama bidang sains sangat perlu
dilakukan karena berhubungan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia
(SDM) dalam bidang teknologi sains. Pemanfaatan teknologi informasi untuk
pembelajaran juga telah mendorong pergeseran pembelajaran dari pembelajaran
konvensional kepada pembelajaran mandiri sehingga kesan pembelajaran dapat lebih
lama diingat oleh siswa. Inovasi pembelajaran sangat diperlukan dan dapat
dituangkan dalam bahan ajar agar terjadi komunikasi optimum dan efisien antara guru
dengan siswa di dalam proses belajar-mengajar. Inovasi pembelajaran yang
dituangkan di dalam bahan ajar sangat penting sehingga dapat memberikan hasil
belajar lebih baik dan terjadi peningkatan efektivitas pembelajaran menuju
pembaharuan.
Salah satu bahan ajar yang sangat berperan dalam peningkatan efektivitas
belajar adalah buku ajar. Buku ajar yang baik harus mampu memotivasi pembelajar
dengan memanfaatkan hal-hal menarik seperti gambar, ilustrasi, contoh soal (kasus),
memiliki materi yang mencukupi untuk mendukung pengajaran, dan dapat
dipergunakan untuk mendukung kegiatan pemecahan masalah.