• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Buku Ajar Digital Interaktif Berbasis STEM pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    THESIS INDRI 210220104009.pdf (1.288Mb)
    Date
    2023-07-26
    Author
    Indriyanti, Nor
    INDRIYANTI, Nor
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan di Indonesia sudah saatnya bertransformasi mengikuti pesatnya perkembangan teknologi dengan memanfaatkan media digital sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan buku ajar digital interaktif berbasis STEM pada materi pencemaran lingkungan yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa SMP. Peneliti memilih materi pencemaran lingkungan dalam penelitiannya berdasarkan observasi di lapangan yang menunjukkan bahwa selama ini meskipun siswa telah mendapatkan materi tentang pencemaran lingkungan, namun kurang menunjukkan perilaku menjaga lingkungan serta tidak mampu mengatasi permasalahan pencemaran yang ada di lingkungan sekitarnya. Hasil sebaran angket yang dilakukan terhadap guru IPA di Banyuwangi, Jember, dan Situbondo menunjukkan data bahwa kebutuhan guru terhadap buku ajar digital mencapai 70,6%. Guru dan siswa membutuhkan buku ajar digital yang praktis, bahasanya jelas, efektif, tidak ambigu, berisi gambar menarik, terdapat video pembelajaran, audio dan animasi, terdapat soal dan simulasi praktikum. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Thiagarajan, 1974) yang terdiri dari 4 tahap, yakni pendefinisian, perancangan, pengembangan serta penyebaran. Subjek penelitian adalah siswa dari tiga SMP yang ada di Kabupaten Jember. Instrumen yang digunakan adalah angket uji validitas, uji kepraktisan, uji efektivitas, dan N-Gain, dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. secara logis Hasil validasi oleh tiga validator berturut-turut sebesar 95,82, 95,82, dan 92,50 yang menunjukkan sangat valid. Kriteria uji rumpang mudah dengan rerata 88,89, respon guru dan respon siswa positif dengan nilai 93,33 dan 95,81. Kriteria observasi keterlaksanaan sangat praktis dengan rerata 92,2. N-gain kemampuan berpikir kritis sebesar 0,81 yang dengan kategori tinggi, dan hasil belajar N-gain 0,86 dengan kategori tinggi. Hasil dari penelitian ini adalah buku ajar digital interaktif berbasis STEM pada materi pencemaran lingkungan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa SMP.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122241
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository