Browsing MT-Teacher Training and Education by Title
Now showing items 110-129 of 248
-
Pengembangan Lks Materi Kemagnetan Berbasis Stem Untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMP
(2018-08-15)Pembelajaran IPA atau sains, peserta didik dituntut untuk terlibat secara fisik maupun mental. Pemberian pengalaman secara langsung pada peserta didik dalam pembelajaran IPA sangat penting untuk mengembangkan kompetensi ... -
PENGEMBANGAN LKS PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROYEK
(2016-12-06)Penelitian ini dapat digolongkan dalam penelitian pengembangan pendidikan yaitu berupa pengembangan LKS pembelajaran IPA berbasis proyek. Lokasi uji coba skala kecil pengembanagn LKS pembelajaran IPA berbasis proyek adalah ... -
Pengembangan Media Animasi Fisika Interaktif untuk Pembelajaran Gelombang di SMA
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2019-07-10)Penggunaan ICT sebagai media pembelajaran sangat diperlukan terutama dalam pembelajaran fisika agar peserta didik memiliki pemahaman konsep terhadap suatu materi dan kemandirian belajar, untuk itu perlu adanya pemilihan media ... -
Pengembangan Media Berbantuan Geo Gebra pada Sistem Pertidaksamaan Linear-Kuadrat dalam Meningkatkan Literasi Matematika Siswa
(2022-06-11)Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbantuan GeoGebra yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model Thiagarajan (4-D) yang meliputi empat tahap, yaitu ... -
Pengembangan Media Cerita Dilengkapi Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-23)The quality of education plays a role in developing student learning outcomes and critical thinking skills so that they can respond to the challenges of the times and live a better life. The quality of education in Indonesia ... -
Pengembangan Media Double-Display untuk Pembelajaran Fisika pada materi Cahaya dan Optik di SMK Teknologi dan Rekayasa
(2018-11-09)Salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan kondusif yaitu dengan menggunakan media Double- Display. Media Double-Display merupakan sebuah media animasi yang ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Android Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp
(2020)Salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan kondusif yaitu dengan menggunakan media pembelajaran IPA berbasis android merupakan sebuah media yang memadukan media ... -
Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Smp
(2018-11-14)Permasalahan yang terdapat didalam pembelajaran IPA salah satunya siswa cenderung pasif dan kurang mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya, sehingga sangat penting kemampuan berpikir kritis siwa dilatihkan pada siswa ... -
Pengembangan Model Pembelajaran DIIASE (Display Problems, Identify Problems, Investigation, Analysis, Sharing, Evaluating) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan R-VGM Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-21)Qualifications of Human Resources to face the challenges of the 21st century are required to have critical thinking skills. Meanwhile, one of the skills needed in learning physics is verbal, graphic, and mathematical ... -
Pengembangan Model Advance Project Learning (APL) untuk Meningkatkan HOTS dan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Kimia di SMAN Kelas XI
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07)Kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mempunyai peranan penting dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Para ahli kimia mempelajari gejala alam melalui proses pengamatan dan eksperimen yang ... -
PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SMA MENGGUNAKAN ASSURE
(2017-03-09)Berdasarkan pembahasan mengenai pengembangan model pembelajaran Blended Learning maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: a. Hasil validasi dari para ahli yang terdiri dari ahli materi pembelajaran, ... -
Pengembangan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Unsur Metode Sorogan Untuk Pembelajaran Ipa Siswa Mts
(2018-12-12)Hasil uji validitas meliputi validitas silabus mencapai 85,7% dengan kategori sangat valid, validitas RPP mencapai 87,5% dengan kategori sangat valid, validitas soal tes mencapai 85,2% dengan kategori sangat valid, ... -
Pengembangan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Unsur Metode Sorogan Untuk Pembelajaran IPA Siswa MTs
(2018-07)Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan tahap-tahap penelitian Borg & Gall (1893) sampai pada tahap revisi hasil uji efektivitas kelompok besar terbatas, yang menghasilkan produk berupa model ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Real Questing (Reorientation, Questioning, Investigation, Solving) Berorientasi Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Biologi SMA
(2019-04-08)Kurikulum 2013 menghendaki pembelajaran yang memperkaya pengalaman belajar siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik. Salah satu kegiatan dalam pendekatan ini adalah kegiatan bertanya. Kegiatan bertanya diharapkan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-01-22)Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu rekomendasi model pembelajaran abad 21 karena dapat membantu siswa menghubungkan apa yang telah mereka pelajari dengan masalah dunia nyata. Namun, perlu ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Accelerated Learning Integrated By Discovery (ALID) pada siswa SMA kelas X dengan Model Borg and Gall
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER, 2019-05-24)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kebutuhan sekolah SMA Negeri di Kabupaten Jember yaitu pada mata pelajaran sejarah, model pembelajaran yang digunakan pendidik belum memfasilitasi peserta didik untuk berfikir ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AGT Re-Con (AUDITORY GUIDING TESTING REPETITION AND CONCLUSSION) UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DAN HASIL BELAJAR IPA DI MTs
(2017-01-13)Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran AKSI (Aktualisasi Siswa) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Pembelajaran IPA di SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-11-15)Pendidikan mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas suatu negara. Peran pendidikan akan terwujud dalam proses pembelajaran dengan menghasilkan kemampuan siswa. Kemampuan yang bermanfaat dalam pembelajaran ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Matematika
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2023-07-31)Literasi matematika sebagai bagian dari Asesmen Kompetensi Minimal, menjadikan literasi matematika sebagai salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa di Indonesia. Namun berdasarkan fakta di lapangan menunjukkan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Computational Based Learning (CBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking dan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika dI SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-20)Karakteristik peserta didik di era revolusi industri 4.0 yang akan menuju era society 5.0 menuntut banyak kemampuan yang harus bisa dimiliki terutamanya pada kecakapan dalam menyelesaikan masalah dan Computational thinking ...