Browsing LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah) by Author "Astutik, Sri"
Now showing items 21-40 of 55
-
Kajian Dinamika Fluida pada Aliran Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso Sebagai Rancangan Handout Fisika
Aini, Dina Fadilah; Prastowo, Sri Handono Budi; Astutik, Sri (2019-01-29)Pembelajaran fisika di sekolah membutuhkan pembelajaran yang memuat fenomena fisika dalam kehidupan sehari-hari agar siswa mudah memahami materi yang akan diajarkan. Aliran air terjun Tancak Kembar merupakan salah satu ... -
Kajian Dinamika Fluida pada Aliran Air Terjun Tujuh Bidadari Kabupaten Jember Berbasis Sensor Waterflow
Fuadi, Muhammad Anis; Astutik, Sri; Harijanto, Alex (2019-01-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika fluida pada aliran air terjun tujuh bidadari yang terletak di kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan mikrokrontoller Atmega328 pada Arduino UNO ... -
KAJIAN UPAYA PERSIAPAN PENGUASAAN MATERI FISIKA SMA BERDASARKAN HASIL PROPORSI JAWABAN SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN 2008, 2009, 2010
Abdillah, Hovi; Astutik, Sri; Lesmono, Albertus Djoko (2013-06-28)The result of the proportion correct of national examination can be used as feedback for the improvement of the learning process and the education quality. This research aims to describe the result of physic National ... -
Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Berorientasi Collaborative Creativity (CC) pada Pembelajaran IPA di SMP
Astutik, Sri; Nur, Mohamad (2019-01-29)Pembelajaran IPA untuk Sekolah Menengah Pertama pada kurikulum 2013 diharapkan dapat mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang terdiri dari dimensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. -
Lembar Kerja Siswa Berbasis Collaborative Creativity untuk Melatihkan Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Siswa SMA
H Z Puspitaningrum; Astutik, Sri; Supeno, Supeno (2019-01-29)Argumentasi ilmiah merupakan kemampuan kognitif siswa yang diperlukan untuk mengembangkan kemampuan bernalar, berpikir, mengeksplorasi, dan menjawab pertanyaan. Argumentasi ilmiah tepat digunakan untuk memperoleh produk ... -
LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Termodinamika
Utami, Awalia Firda; Astutik, Sri; Maryani, Maryani (2019-01-29)Berpikir kritis merupakan suatu proses kognisi siswa secara secara mendalam yang diterapkan pada kegiatan pembelajaran dengan memenuhi indikator-indikator berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis siswa dilatihkan dengan ... -
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE 5E) BERBASIS EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN SAINS DI SDN PATRANG I JEMBER
Astutik, Sri (2013-06-26)Siklus Belajar merupakan salah satu model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis. Learning Cycle atau disingkat LC dalam penelitian ini adalah model student-centered learning. Hasil penelitian menunjukkan Model ... -
Model Collaborative Creativity untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika dan Kemampuan Afektif Kolaboratif Ilmiah Siswa
Ni’mah, Lutfiatun; Astutik, Sri; Maryani, Maryani (2019-01-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep fisika dan kemampuan afektif kolaborasi ilmiah siswa setelah menggunakan model Collaborative Creativity (CC). Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen ... -
Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Berbantuan Virtual Laboratory pada Pembelajaran Fisika di SMA
Pratiwi, Dian; Astutik, Sri; Maryani, Maryani (2019-01-29)Collaborative Creativitiy (CC) intructional model is instructional model to training student’s physics concept and scientific process skill with apply CC which describe procedures systematically and used to guide teachers ... -
Model Pembelajaran Kreatif
Sukatman; Astutik, Sri; Sugiarti, Titik; Sumarjono (2016-11-07)Perbaikan proses belajar dan hasilnya memerlukan aktivitas yang berkelanjutan. Kondisi dan berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar perlu dicermati dan diwujudkan secara bertahap dalam proses pembelajaran. ... -
PENERAPAN KETRAMPILAN PROSES SAINS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Kale, Mahesa; Astutik, Sri; Dina, Rif’ati (2014-02-13)The goals of this research were to examine the differences of physic achievement between using TPS (Think,Pair,Share)Model with skill based process and conventional model, and to describes the ability of students' science ... -
PENERAPAN LESSON STUDY MENGGUNAKAN MODEL PBL(PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
Mahmudi, Kendid; Astutik, Sri; Yushardi (2013-06-28)The study entitled Application of Lesson Study Using Model PBL (Problem Based Learning) in the Learning Physics in SMP is an attempt to determine the effect of a treatment in the teaching of Physics at the Junior High ... -
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TTW (THINK, TALK, WRITE) MENGGUNAKAN MULTIMEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Amalia, Ratna; Astutik, Sri; Yushardi (2013-06-27)The aim of this research were: (1) to examine the difference between the student’s result of physics study using the cooperative model Think-Talk-Write type with multimedia video instructional and conventional learning ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS DEEP DIALOGUE CRITICAL THINKING (DDCT) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
Nanda P., Aulya; Astutik, Sri; Dina H., Rif’ati (2014-02-12)Cooperative Intregrated Reading and Composition (CIRC) can be interpreted as a model that integrates a thorough reading and compose become essential parts and Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) as a approach that ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DISERTAI MEDIA KARTU MASALAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Suryadana, Brian Aziz; Suprihati, Tjiptaning; Astutik, Sri (2013-06-27)Based on the facts that occurred discover that physics is still taught with conventional teaching that tends to teacher-centered learning. The purpose of this study was to examine the differences between students' learning ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing disertai diskusi dalam Pembelajaran Fisika Kelas VII di SMP
Purwati, Ida; Astutik, Sri; Nuriman (2013-06-28)Purposes of this study were: (1) to examine differences in learning outcomes using cooperative learning model type of snowball throwing base on discussions with the conventional learning in teaching physics in the junior ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Nuraini, Lailatul; Astutik, Sri (2013-06-26)The goals of this research were: (1) to describe student activity use open ended model by active learning approach on learning physics at senior high school; (2) to describe the influence of application open ended model ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI MEDIA KOMPUTER MAKRO MEDIA FLASH
Setiawan, Gilang Candra; Suprihati, Tjiptaning; Astutik, Sri (2013-06-27)in improving the quality of learning there are a variety of ways, one of which is to apply the model of learning and teaching with appropriate media. Problem based learning model with makromedia flash is one way to improve ... -
Penerapan Model Problem Based Learning Disertai Video Tracker untuk Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA
Hasanah, Uswatun; Lesmono, Albertus Djoko; Astutik, Sri (2019-07-31)This study aims to describe the level of critical thinking ability of a high school students in Situbondo after the application of problem based learning model with a tracker video on momentum and impulse materials. The ... -
PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DENGAN METODE TUGAS TERSTRUKTUR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Wulandari, Rr. Laksmi; Astutik, Sri; Nuriman (2013-06-28)Problem Posing is one of the models of learning that can enable learners, develop critical and creative thinking skills. It is expected to build a positive attitude, and improving the quality of human resources to face ...