Browsing by Title
Now showing items 48691-48710 of 89297
-
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERBULUS 02 KECAMATAN LEDOKOMBO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012
(2013-12-20)Kegiatan pembelajaran di SDN Sumberbulus 02 Jember kurang meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal tersebut disebabkan selama ini guru hanya menggunakan metode ceramah dikarenakan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menganalisis Peran Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia Kelas XI IIS 3 Di SMAN 1 Arjasa Tahun Ajaran 2015/2016)
(2016-08-08)Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMAN 1 Arjasa masih rendah. Selain itu, hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Salah satu model ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menganalisis Peran Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia Kelas XI IIS 3 Di SMAN 1 Arjasa Tahun Ajaran 2015/2016)
(UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IIS 3 SMAN 1 Arjasa tahun ajaran 2015/2016 pada mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar menganalisis peran pelaku ekonomi dalam sistem ... -
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tema Cita-Citaku Kelas IV SDN Sumberjambe 03 Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-04-25)Kurikulum pendidikan yang diterapkan di Negara Republik Indonesia saat ini adalah kurikulum 2013. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang menitik beratkan pada tiga aspek yakni aspek afektif, aspek kognitif, dan juga ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN I TEMUGURUH BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011-2012
(2013-10-29)Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang menuntut siswa untuk berfikir secara kritis, kreatif dan mandiri dengan peran aktifnya dalam proses pembelajaran. Hasil observasi awal di kelas ... -
Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN I Temuguruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011-2012.
(2014-01-28)Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang menuntut siswa untuk berfikir secara kritis, kreatif dan mandiri dengan peran aktifnya dalam proses pembelajaran. Hasil observasi awal di kelas IV SDN 1 Temuguruh ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN I TEMUGURUH BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011-2012
(2013-12-08)Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang menuntut siswa untuk berfikir secara kritis, kreatif dan mandiri dengan peran aktifnya dalam proses pembelajaran. Hasil observasi awal di kelas IV SDN 1 Temuguruh ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN I TEMUGURUH BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011-2012
(2013-12-17)Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 1 Temuguruh Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DO TALK DO UNTUK MEMBANTU SISWA MENGATASI KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BILANGAN BULAT KELAS VIIA SMP NEGERI I BALUNG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011
(2013-12-12)Model pembelajaran do talk do, yaitu suatu model yang didasarkan atas tiga tahap (fase) yaitu fase eksplorasi (LKS 1/ the do 1), fase the talk (diskusi) merupakan fase pemahaman konsep dan fase aplikasi konsep (Latihan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EMPIRICAL INDUCTIVE LEARNING CYCLE DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
(2013-12-20)Perubahan kurikulum harus pula diikuti oleh guru yang bertanggung jawab atas penyelenggaran pembelajaran di sekolah yaitu orientasi pembelajaran yang semula berpusat pada guru (student centered). Sehingga tercermin ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA PERISTIWA ALAM PADA SISWA KELAS IB SDN MUMBULSARI 01 JEMBER
(2018-03-23)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IB yang berjumlah 26 ... -
Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Dengan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Gerak (Siswa Kelas Xic SMAU Bppt Darus Sholah Jember)
(2019)Penggunaan model dan metode yang kurang tepat dapat mempengaruhi pembelajaran di kelas, sehingga menyebabkan beberapa permasalahan di kelas. Permasalahan yang terjadi di kelas berdasarkan hasil ulangan sebelumnya ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING DENGAN SETTING KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
(2014-01-28)Proses pembelajaran fisika menghendaki keaktifan siswa dalam proses berfikir dan mencari pemahaman akan objek, menganalisis dan mengkonstruksi pengetahuan, agar terbentuk pengetahuan baru dalam diri siswa tersebut. ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GAL’PERIN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII E SEMESTER GASAL SMP NEGERI 2 WULUHAN TAHUN AJARAN 2011/2012
(2013-12-10)Model Gal’perin merupakan salah satu model pembelajaran yang menurut teori proses belajar mengajarnya dibagi menjadi empat tahap. Model ini dikembangkan berdasarkan teori pendidikan psikolog Uni Soviet, Peter ... -
Penerapan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) disertai Media Pictorial Riddle dalam Pembelajaran Fisika di SMA
(2013-12-24)Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah masalah lemahnya proses pembelajaran dimana dalam pembelajaran di sekolah masih banyak menggunakan model pembelajaran yang hanya berupaya unuk menghabiskan materi ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DISERTAI MEDIA PICTORIAL RIDDLE DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
(2013-12-30)Hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa hasil pengujian Z-test dengan menggunakan SPSS 16 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 atau < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DISERTAI MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 2 DI MAN 1 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2016-11-29)Pembelajaran sejarah membutuhkan keterampilan berpikir kritis dalam menafsirkan makna peristiwa sejarah untuk menumbuhkan kesadaran sejarah peserta didik dengan tujuan pembelajaran sejarah di sekolah yaitu mengembangka ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DISERTAI MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 2 DI MAN 1 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2017-03-22)Pembelajaran sejarah membutuhkan keterampilan berpikir kritis dalam menafsirkan makna peristiwa sejarah untuk menumbuhkan kesadaran sejarah peserta didik dengan tujuan pembelajaran sejarah di sekolah yaitu mengembangkan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
(2013-12-20)Fisika adalah bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang dunia alamiah. Fisika memegang peranan penting dalam perkemabgan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perihal tersebut sesuai ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
(2013-06-27)The goals of this research were: (1) to know the activity of learn physics a student during use the model of learning generative with demonstration method, (2) ) to analyze the different of students’ achievement use the ...