• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menganalisis Peran Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia Kelas XI IIS 3 Di SMAN 1 Arjasa Tahun Ajaran 2015/2016)

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    SELATUROHMAH.odt (265.4Kb)
    Date
    2016
    Author
    Selaturohmah
    Hety Mustika Ani
    Retna Ngesti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IIS 3 SMAN 1 Arjasa tahun ajaran 2015/2016 pada mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar menganalisis peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia melalui penerapan model discovery learning berbantuan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IIS 3 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data motivasi belajar siswa diperoleh dari hasil pengamatan observer pada saat pelaksanaan tindakan perbaikan dan analisis hasil belajar siswa diperoleh dari nilai ulangan harian siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKS dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari kategori rendah dengan skor 2,0 menjadi kategori sedang dengan skor 3,2 pada siklus 1 dan pada siklus 2 meningkat menjadi kategori tinggi dengan skor 3,7. Begitu pula pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, persentase siswa yang mendapat skor di atas KKM 3,00 pada sebelum tindakan sebesar 46%, setelah pelaksanaan siklus 1 meningkat menjadi 71,87% dan pada siklus 2 meningkat kembali menjadi 81,25%. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa dengan penerapan model discovery learning berbantuan LKS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77446
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail