• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERBULUS 02 KECAMATAN LEDOKOMBO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Novindya Aanandana_1.pdf (292.1Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Novindya Aanandana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembelajaran di SDN Sumberbulus 02 Jember kurang meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal tersebut disebabkan selama ini guru hanya menggunakan metode ceramah dikarenakan kurangnya fasilitas yang diberikan sekolah. Menurut hasil wawancara awal dengan siswa kelas IV bahwa pada saat pembelajaran terutama pelajaran IPA, siswa selalu disuruh untuk mencatat materi pada buku tulis sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Oleh karena itu, guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang menuntut siswa untuk berfikir secara kritis, kreatif dan mandiri dengan peran aktifnya dalam proses pembelajaran. Hasil observasi awal di kelas IV SDN Sumberbulus 02 Jember, ditemukan aktivitas belajar siswa yang masih rendah. Rendahnya aktivitas belajar mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Berdasarkan data ulangan harian kelas IV dari 29 siswa hanya 8 siswa yang mendapat nilai ≥ 70, sedangkan 21 siswa yang lainnya mendapatkan nilai ≤ 70. Berdasarkan uraian di atas, maka perlu diupayakan perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran IPA dengan rumusan masalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan model discovery berbasis lingkungan?. Tujuannya adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan bagian- bagian tumbuhan yaitu bunga dan daun dengan menggunakan model discovery berbasis lingkungan. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Sumberbulus 02 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, sedangkan persentase aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan pada siklus 1 telah mengalami peningkatan yaitu ditunjukkan dengan besarnya persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal mencapai 68,68%. Dengan kriteria aktif. Sedangkan pada siklus 2 aktivitas belajar siswa telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan besarnya persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 78,44% dengan kriteria sangat aktif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum dilakukannya tindakan. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum dilakukannya tindakan adalah sebesar 27,58%, pada pembelajaran siklus 1 sebesar 72,41% dan pada siklus 2 sebesar 89,66%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum dilakukannya tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah: (a) penerapan model discovery berbasis lingkungan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Sumberbulus 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012, (b) penerapan model discovery berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN Sumberbulus 02 Jember tahun pelajaran 20112012. Saran-saran dari penelitian ini adalah : (a) Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar hendaknya menggunakan model pembelajaran yang tepat agar siswa mengikuti proses belajar memperoleh prestasi yang maksimal, (b) Memperhatikan bahwa peneliti ini memperoleh hasil yang positif maka untuk guru kelas yang lain bisa dicobakan menggunakan model pembelajaran discovery berbasis lingkungan pada mata pelajaran IPA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10910
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15444]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository