• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menganalisis Peran Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia Kelas XI IIS 3 Di SMAN 1 Arjasa Tahun Ajaran 2015/2016)

    Thumbnail
    View/Open
    SELATUROHMAH - 120210301055 -1.pdf (2.569Mb)
    Date
    2016-08-08
    Author
    SELATUROHMAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi di SMAN 1 Arjasa masih rendah. Selain itu, hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi sekaligus hasil belajar siswa adalah model pembelajaran discovery learning. Dalam model pembelajaran discovery learning ini siswa terlibat langsung dalam belajar yaitu siswa dituntut untuk mencari dan menemukan sendiri konsep atau prinsip materi yang akan dipelajari sehingga siswa akan termotivasi untuk mendapatkan informasi, mengurangi ketergantungan kepada guru, melatih siswa memanfaatkan sumber informasi selain guru. Dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning guru menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) sebagai alat bantu dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dari rendah menjadi tinggi sekaligus hasil belajar siswa hingga mencapai KKM pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive yaitu pada kelas XI IIS 3 di SMAN 1 Arjasa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar menganalisis peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia kelas XI IIS 3 di SMAN 1 Arjasa tahun ajaran 2015 / 2016. Pembelajaran siklus I yang diikuti oleh 32 siswa dan dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa kelas XI IIS 3 mengalami peningkatan yaitu skor rata- rata sebesar 3,2 dikategorikan sedang. Hal ini sudah mengalami peningkatan yang cukup berarti apabila dibandingkan dengan motivasi belajar siswa pra tindakan yang masih dikategorikan rendah dengan skor rata-rata sebesar 2,0. Rata-rata skor ulangan harian siswa secara individu 2,95. Sedangkan secara klasikal skor ulangan harian siswa belum memenuhi standar ketuntasan yaitu 71,87%. Pembelajaran pada siklus II diikuti oleh 32 siswa, jumlah skor rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus II lebih tinggi dibandingkan siklus I sebesar 3,2 dan siklus II sebesar 3,7, motivasi belajar siswa siklus II termasuk kategori tinggi. Peningkatan motivasi belajar siswa diikuti peningkatan hasil belajar siswa yaitu rata- rata skor ulangan harian siswa secara individu sebesar 3,11 dan secara klasikal mencapai 81,25% yang berarti seluruhnya telah mencapai standar ketuntasan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75900
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository