• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang HIV/AIDS di SMP Achmad Jani Puger Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    F. Kep_Jurnal_Rondhianto_Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction.pdf (1.213Mb)
    Date
    2016-05-01
    Author
    ANDRIANSYAH, Dicky
    RONDHIANTO, Rondhianto
    RIFAI, Ahmad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    AIDS masih menduduki peringkat ke tiga penyakit paling mematikan di Indonesia. Penyakit ini disebabkan virus HIV yang dapat menurunkan status imun seseorang hingga memicu infeksi oportunistik dan menyebabkan kematian. Insidensi penyakit HIV pada tahun 2014 mencapai 32.711 kasus, dan terjadi pada usia 14-19 tahun yaitu 1.717 kasus (5,24%). Masalah kurangnya pengetahuan remaja mengenai HIV menjadikan perilaku mereka mengarah pada pergaulan yang negatif dan beresiko pada seks bebas, penyalahgunaan jarum suntik, dan sebagainya. Pengetahuan yang kurang merupakan faktor terjadinya perubahan sikap. Problem Based Instruction (PBI) suatu model pembelajaran yang diharapkan dapat merubah pengetahuan dan sikap remaja tentang HIV/AIDS. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimental dengan rancangan One-group pre-post test design, menggunakan teknik cluster sampling dengan sampel sebanyak 35 responden. Hasil analisa data uji t-test dependen diperoleh t -3,8380 untuk pengetahuan, dan t -22,174 untuk sikap, artinya terjadi peningkatan nilai setelah diberikan model PBI dengan mean difference -6,800 dan -24,000 masing-masing untuk pengetahuan dan sikap. Nilai p didapatkan 0,000 untuk pengetahuan dan sikap. Nilai p menunjukkan < α (0,05) yang berarti ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap pengetahuan dan sikap remaja. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan peran perawat sebagai edukator dalam memanfaatkan PBI khususnya pada remaja tentang HIV/AIDS.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98300
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7411]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository