Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang HIV/AIDS di SMP Achmad Jani Puger Kabupaten Jember
Date
2016-05-01Author
ANDRIANSYAH, Dicky
RONDHIANTO, Rondhianto
RIFAI, Ahmad
Metadata
Show full item recordAbstract
AIDS masih menduduki peringkat ke tiga penyakit paling mematikan di Indonesia. Penyakit ini 
disebabkan virus HIV yang dapat menurunkan status imun seseorang hingga memicu infeksi
oportunistik dan menyebabkan kematian. Insidensi penyakit HIV pada tahun 2014 mencapai 
32.711  kasus,  dan  terjadi  pada  usia  14-19  tahun  yaitu  1.717  kasus  (5,24%).   Masalah
kurangnya pengetahuan remaja mengenai HIV menjadikan perilaku mereka mengarah pada
pergaulan yang negatif  dan beresiko pada seks bebas, penyalahgunaan jarum suntik, dan
sebagainya.  Pengetahuan  yang  kurang   merupakan  faktor  terjadinya  perubahan  sikap. 
Problem Based Instruction (PBI) suatu model pembelajaran yang diharapkan dapat merubah
pengetahuan  dan  sikap  remaja  tentang  HIV/AIDS.  Penelitian  ini  menggunakan  desain
penelitian  pre-eksperimental  dengan  rancangan  One-group  pre-post  test  design,
menggunakan teknik cluster sampling dengan sampel sebanyak 35 responden. Hasil analisa
data uji  t-test dependen diperoleh t -3,8380 untuk pengetahuan, dan t -22,174 untuk sikap, 
artinya terjadi peningkatan nilai setelah diberikan model PBI dengan mean difference -6,800
dan -24,000 masing-masing untuk pengetahuan dan sikap.  Nilai  p didapatkan 0,000 untuk
pengetahuan dan sikap.  Nilai  p menunjukkan < α (0,05) yang berarti  ada pengaruh model 
pembelajaran  Problem Based  Instruction (PBI)  terhadap pengetahuan  dan sikap  remaja.
Penelitian  ini  diharapkan  dapat  meningkatkan  peran  perawat  sebagai  edukator  dalam
memanfaatkan PBI khususnya pada remaja tentang HIV/AIDS.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7430]