• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Alat Peragapeta dan Globe Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Peta dan Komponennya Di Kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    F. KIP_Jurnal_Rahayu_Pengaruh Penerapan Model.pdf (250.6Kb)
    Date
    2017-09-12
    Author
    RAHAYU, Rahayu
    Wihanda, Yulia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan alat peta dan globe terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember . Subjek pada penelitian ini berjumlah 75 siswa yang terdiri atas 38 siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan 37 siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pola kuasi eksperimental tipe pre-test post-test control group design.Pengumpulan datapenelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen dan pre-test post-test yang dilaksanakan dua kali yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih skor pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 10,49 dan kelas kontrol adalah 7,11. Hasil tersebut dihitung dengan uji-t dan diperoleh hasil t-hitung menggunakan SPSS 16.00 sebesar 2,97. Berdasarkan hasil tersebut berani t-hitung > t- tabel (2,97>2,00), sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember yang diberikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan alat peraga peta dan globe memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diberikan pembelajaran tanpa menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan alat peraga. Hal ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang terjadi setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan alat peraga peta dan globe terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81698
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7380]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail