Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Alat Peragapeta dan Globe Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Peta dan Komponennya Di Kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)
berbantuan alat peta dan globe terhadap hasil belajar siswa kelas IV
SDN Sumbersari 01 Jember . Subjek pada penelitian ini berjumlah 75
siswa yang terdiri atas 38 siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan
37 siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini
menggunakan pola kuasi eksperimental tipe pre-test post-test control
group design.Pengumpulan datapenelitian menggunakan metode
observasi, wawancara, dokumen dan pre-test post-test yang
dilaksanakan dua kali yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa selisih skor pre-test dan post-test kelas
eksperimen adalah 10,49 dan kelas kontrol adalah 7,11. Hasil tersebut
dihitung dengan uji-t dan diperoleh hasil t-hitung menggunakan SPSS
16.00 sebesar 2,97. Berdasarkan hasil tersebut berani t-hitung > t-
tabel (2,97>2,00), sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV
SDN Sumbersari 01 Jember yang diberikan pembelajaran dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads
Together (NHT) berbantuan alat peraga peta dan globe memperoleh
hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diberikan
pembelajaran tanpa menerapkan model pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) berbantuan alat peraga. Hal ini menyimpulkan bahwa
ada pengaruh yang terjadi setelah diterapkannya model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan alat
peraga peta dan globe terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN
Sumbersari 01 Jember.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]