Show simple item record

dc.contributor.authorRAHAYU, Rahayu
dc.contributor.authorWihanda, Yulia
dc.date.accessioned2017-09-12T04:40:14Z
dc.date.available2017-09-12T04:40:14Z
dc.date.issued2017-09-12
dc.identifier.issn2085-7519
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81698
dc.descriptionJurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, Vol 5, No. 1, Januari 2017en_US
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan alat peta dan globe terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember . Subjek pada penelitian ini berjumlah 75 siswa yang terdiri atas 38 siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan 37 siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pola kuasi eksperimental tipe pre-test post-test control group design.Pengumpulan datapenelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen dan pre-test post-test yang dilaksanakan dua kali yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih skor pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 10,49 dan kelas kontrol adalah 7,11. Hasil tersebut dihitung dengan uji-t dan diperoleh hasil t-hitung menggunakan SPSS 16.00 sebesar 2,97. Berdasarkan hasil tersebut berani t-hitung > t- tabel (2,97>2,00), sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember yang diberikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan alat peraga peta dan globe memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diberikan pembelajaran tanpa menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan alat peraga. Hal ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang terjadi setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan alat peraga peta dan globe terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKOOPERATIF NHTen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectPENELITIAN EKSPERIMENTALen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Alat Peragapeta dan Globe Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Peta dan Komponennya Di Kelas IV SDN Sumbersari 01 Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record