dc.description.abstract | Penelitian tentang kesesuaian soal buku siswa pelajaran ini berada dalam kerangka standardisasi mutu buku teks pelajaran di sekolah mengacu pada peraturan yang berlaku. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan antara lain menyebutkan bahwa buku teks pelajaran termasuk ke dalam sarana pendidikan yang perlu diatur standar mutunya, sebagaimana juga standar mutu pendidikan lainnya, yaitu standar kompetensi lulusan dan kompetensi dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan kesesuaian soal uji kompetensi dalam Buku Siswa Matematika SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Kompetensi Dasar, serta mengetahui persentase kesesuaian soal berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desktriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semua soal yang terdapat pada Buku Siswa Matematika Semester 1 dan 2 memenuhi semua indikator pencapaian kompetensi yang menjadi tolak ukur ketercapaian suatu Kompetensi Dasar. Persentase kesesuaian soal uji kompetensi dalam Buku Siswa Matematika SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Semester 1, yaitu 0.23% Pengetahuan Faktual, 28.53% Pengetahuan Konseptual, 68.90% Pengetahuan Prosedural, dan 2.34% Pengetahuan Metakognitif. Dan persentase kesesuaian soal uji kompetensi dalam Buku Siswa Matematika SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Semester 2, yaitu 0% Pengetahuan Faktual, 29.03% Pengetahuan Konseptual, 70.97% Pengetahuan Prosedural, dan 0% Pengetahuan Metakognitif. | en_US |