Analisis Kesesuaian Soal Uji Kompetensi Buku Siswa Matematika SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Kompetensi Dasar
Abstract
Penelitian tentang kesesuaian soal buku siswa pelajaran ini berada dalam kerangka standardisasi mutu buku teks pelajaran di sekolah mengacu pada peraturan yang berlaku. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan antara lain menyebutkan bahwa buku teks pelajaran termasuk ke dalam sarana pendidikan yang perlu diatur standar mutunya, sebagaimana juga standar mutu pendidikan lainnya, yaitu standar kompetensi lulusan dan kompetensi dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan kesesuaian soal uji kompetensi dalam Buku Siswa Matematika SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Kompetensi Dasar, serta mengetahui persentase kesesuaian soal berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desktriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semua soal yang terdapat pada Buku Siswa Matematika Semester 1 dan 2 memenuhi semua indikator pencapaian kompetensi yang menjadi tolak ukur ketercapaian suatu Kompetensi Dasar. Persentase kesesuaian soal uji kompetensi dalam Buku Siswa Matematika SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Semester 1, yaitu 0.23% Pengetahuan Faktual, 28.53% Pengetahuan Konseptual, 68.90% Pengetahuan Prosedural, dan 2.34% Pengetahuan Metakognitif. Dan persentase kesesuaian soal uji kompetensi dalam Buku Siswa Matematika SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Semester 2, yaitu 0% Pengetahuan Faktual, 29.03% Pengetahuan Konseptual, 70.97% Pengetahuan Prosedural, dan 0% Pengetahuan Metakognitif.
Collections
- SRA-Education [1352]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 )
Silvia Agustin (2013-07-30)Aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji masih cukup memprihatinkan. Selain itu, pemahaman siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi standar yang ditetapkan ... -
ANALISIS KETERCAPAIAN KOMPETENSI (STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR) MATA PELAJARAN FISIKA PADA HASIL UJIAN NASIONAL TINGKAT SMA DI KOTA PASURUAN, KABUPATEN PASURUAN, DAN KABUPATEN PROBOLINGGO
Zhulfi Prasetyadi (2013-12-20)Pembelajaran yang dilakukan guru akan cenderung mengacu kepada materi yang sering diujikan dalam ujian nasional. Akan tetapi hal tersebut akan berdampak besar terhadap materi lain yang jarang diujikan pada ujian ... -
ANALISIS KETERCAPAIAN KOMPETENSI (STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR) MATA PELAJARAN FISIKA PADA HASIL UJIAN NASIONAL TINGKAT SMA DI KOTA PASURUAN, KABUPATEN PASURUAN, DAN KABUPATEN PROBOLINGGO
Prasetyadi, Zhulfi; Astutik, Sri; Supeno (2013-06-27)The national examination is one of the government's national assessment to measure the success of students who have completed education at school or madrasah nationally. The research is analysis of successful competency ...