• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KETERCAPAIAN KOMPETENSI (STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR) MATA PELAJARAN FISIKA PADA HASIL UJIAN NASIONAL TINGKAT SMA DI KOTA PASURUAN, KABUPATEN PASURUAN, DAN KABUPATEN PROBOLINGGO

    Thumbnail
    View/Open
    Zhulfi Prasetyadi - 070210192145_1.pdf (155.6Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Zhulfi Prasetyadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran yang dilakukan guru akan cenderung mengacu kepada materi yang sering diujikan dalam ujian nasional. Akan tetapi hal tersebut akan berdampak besar terhadap materi lain yang jarang diujikan pada ujian nasional. Materi yang jarang diujikan tersebut akan diajarkan tidak sama seperti materi yang sering diujikan, baik dalam waktu pelaksanaan maupun tingkat kedalaman materi. Hal tersebut membuat standar kompetensi dan kompetensi dasar yang sudah ditetapkan cenderung diabaikan. Masalah rendahnya penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar memang membutuhkan upaya yang lebih serius. Persiapan yang dilakukan pihak sekolah sebenarnya sudah ada dengan mengajak masyarakat dan orang tua untuk bersama-sama bekerja guna mencapai mutu pendidikan yang lebih baik, dalam hal ini kualitas penguasaan peserta didik dalam pencapaian SK dan KD dalam ujian nasional. Penelitian ini berawal dari penelitian besar yang dilakukan secara nasional yang meliputi seluruh mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional. Penelitian tersebut dilakukan di wilayah I provinsi Jawa Timur yaitu meliputi kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, dan kabupaten Probolinggo. Penelitian yang peneliti lakukan ini merupakan bagian dari penelitian besar tersebut tetapi hanya mengambil satu pokok bahasan yang diutamakan yaitu mata pelajaran Fisika. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan analisis yang mendalam tentang pencapaian SK dan KD dengan tujuan untuk mendeskripsikan ketercapain SK dan KD dalam ujian nasional. Analisis ketercapaian SK dan KD menjabarkan tentang deskripsi ketercapain SK dan KD dalam ujian nasional serta faktor-faktor yang menyebabkan ketercapaian dan ketidaktercapaian SK dan KD tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode ex post facto. Populasi yang peneliti ambil adalah 2 SMA negeri dan 1 SMA swasta yang terletak di kota dan kabupaten yang telah ditetapkan. Responden penelitian ini adalah guru fisika dan siswa. Siswa pada penelitian ini adalah siswa yang lulus tahun 2008, 2009, dan 2010. Waktu penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil ujian nasional pada tahun 2008 sampai 2010, secara umum tahun 2009 mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan tahuntahun lainnya. Rata-rata pada tahun 2009 standar kompetensi yang tingkat ketercapaiannya ≥ 80% lebih dari 10 SK dan tidak ada SK yang nilainya <60%. Nilai ketercapaiannya secara rata-rata mencapai 87,54%. Dari tiga tahun pelaksanaan ujian nasional yaitu dari tahun 2008 sampai 2010 kota Pasuruan memperoleh nilai ketercapaian yang paling baik dibandingkan 2 daerah lainnya. Tahun 2008 nilai rata-rata ketercapainnya sebesar 79,43%, tahun 2009 sebesar 90,82%, dan pada tahun 2010 sebesar 83,03%. Hasil ujian tahun 2010 paket A yang memperoleh nilai rata-rata ketercapaian paling baik adalah kota Pasuruan sebesar 89,58%, sedangkan paket B yang memperoleh nilai rata-rata ketercapaian paling baik adalah kabupaten Probolinggo sebesar 80,53%. Faktor yang menyebabkan tercapainya standar kompetensi dipengaruhi oleh (1) strategi belajar yang sesuai, (2) etos belajar yang positif, (3) dukungan keluarga dan lingkungan sekitar, (4) siswa mengikuti les tambahan, (5) belajar dengan rajin, (6) belajar teori dan latihan soal, (7) kemampuan dan keprofesionalitas guru yang baik. Faktor yang menyebabkan tidak tercapainya standar kompetensi antara lain (1) etos belajar yang negatif, (2) sarana dan prasarana yang kurang mendukung, (3) media pembelajaran yang kurang, (4) sikap dan persepsi belajar siswa, (5) kemampuan prasyarat yang belum dikuasai, (6) menghabiskan waktu dengan bermain game.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11654
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15383]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository