STUDI REFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINUMAN SUPLEMEN DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS JEMBER (studi kasus Extra Joss, Fit-Up dan Hemaviton Jreng)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan nyata pada
warna, cita rasa dan aftertaste Extra Joss dengan Fit-Up dan Hemaviton
Jreng berdasarkan uji deskriptif konsumen terlatih. Perbedaan nyata
hanya terdapat pada atribut warna. Hasil inl menunjukkilll bahwa dl mata
konsumen terlatih, mutu ketiga produk bisa dikatakan sama.
Namun uji hedonik yang dilakukan oleh responden konsumen
menunjukkan adanya perbedaan tidak nyata pada atribut organoleptik
ketiga produk tersebut. Hal yang berbeda nyata terletak pada atrlbut
aftertaste. Hal lni, bahwa berdasarkan asumsi diatas, mutu ketiga produk
minuman suplemen tidaklah sama. Pandangan konsumen yang
menyatakan mutu ketiganya tldak sama ditunjukkan lebih jelas melalui
preferens1 mereka untuk memllih atau menolak salah satu produk.
Namun preferensi tersebut, berdasarkan uji Chi-Kuadrat, tidak
dipengaruhl oleh faktor sosiologis dan psikologis konsumen.
Selain itu hasil kuisioner menunjukkan adanya pengaruh faktor •
bauran pemasaran terhadap konsumen, dalam hal ini promosi, dalam
menentukan pilihan mereka terhadap merek minuman suplemen
tertentu.